Perkuat Semangat Kolaborasi Penanganan Perubahan Iklim, Dubes Inggris Mengunjungi Bali

 

Denpasar, 2 November 2021

Duta besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengadakan kunjungan kerja ke Bali pada 2 – 3 November 2021. Kunjungan tersebut sejalan dengan dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim COP 26 di Glasgow yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Setelah mengagendakan pertemuan dengan Gubernur Bali, Mangrove Conservation Forest dan Mangrove Information Center menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi. Lokasi ini dikunjungi karena direncanakan menjadi salah satu excursion site bagi negara – negara pada pertemuan G20 tahun 2022.

 

Dalam kunjungan ke Mangrove Conservation Forest, tim duta besar Inggris mendapatkan beberapa penjelasan dari I Komang Tri Wikaya Kusuma, Koordinator Jabatan Fungsional BPPIKHL JabalNusa, yang memaparkan keberadaan Mangrove Conservation Forest sebagai success story pemulihan lahan kritis mangrove yang sebelumnya terbengkalai oleh aktivitas pertambakan. Upaya rehabilitasi yang dilakukan di areal ini juga tidak melupakan aspek livelihood masyarakat sekitar kawasan. Melalui pelatihan – pelatihan, masyarakat sekitar kawasan mangrove menjadi mampu memanfaatkan potensi sumberdaya mangrove untuk menunjang pendapatan ekonomi melalui pengembangan ekowisata dan mengolah buah mangrove sebagai makanan dan minuman hingga kerajinan tangan.

Dalam sambutannya, Owen Jenkins mengungkapkan pentingnya ekosistem mangrove terhadap mitigasi perubahan iklim, dimana mangrove mampu menyerap karbon tiga hingga lima kali lebih banyak daripada hutan tropis di darat. Sebagai pertahanan pantai, mangrove mampu menahan laju ketinggian gelombang hingga 60% dan mengurangi kedalaman banjir Tsunami hingga 30%. Owen Jenkins juga mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia yang berkomitmen untuk melindungi dan merehabilitasi lebih dari 600.000 Hektar lahan mangrove sampai dengan tahun 2024. Owen juga mengatakan bahwa Blue Forests adalah salah satu inisiatif yang didukung oleh pemerintah Inggris yang dapat mendukung aksi-aksi yang dilakukan oleh Indonesia. “Sebagai lokasi untuk serangkaian pertemuan penting G20, mata dunia akan tertuju pada Bali. Kami yakin ini dapat memenuhi tema yang dipilih Indonesia untuk konferensi G20 – ‘Recover Together, Recover Stronger’ dan kami siap mendukung visi tersebut” ucap Owen.



Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Satrio Sapta Nugroho

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT