FASILITASI PENYEDIAAN DATA INVENTARISASI GRK DAN REGISTRASI SRN WILAYAH MALUKU PAPUA

Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua

FASILITASI PENYEDIAAN DATA INVENTARISASI GRK DAN REGISTRASI SRN WILAYAH MALUKU PAPUA

Manokwari, 30 Juli – 1 Juni 2021  

20210707papua0101Balai PPIKHL Wilayah Wilayah Maluku Papua (BPPIKHL - MAP) mengadakan kegiatan Fasilitasi Penyediaan Data Inventarisasi GRK dan Registrasi SRN Wilayah Maluku Papua di Swiss-Belhotel Manokwari, Papua Barat pada tanggal 30 Juni – 1 Juli 2021. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas (pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan) peserta kegiatan dalam proses penyelenggaraan inventarisasi GRK, termasuk penghitungan berbasis web melalui aplikasi SIGN SMART dan meningkatkan kapasitas pengetahuan peserta kegiatan tentang Sistem Registri Nasional (SRN). Peserta berasal dari Bappeda, dinas yang menangani lingkungan hidup, dinas teknis terkait yang diamanatkan pasda NDC, juga UPT KLHK di Wilayah Maluku Papua. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkrit BPPIKHL – MAP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai P13/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 yaitu melaksanakan fasilitasi peningkatan kapasitas daerah dalam pelaksanaan inventarisasi gas rumah kaca dan monitoring, pelaporan, dan verifikasi. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Acara ini dibuka secara langsung oleh Direktur IGRK dan MPV-KLHK, Dr. Ir. Syaiful Anwar, M. Sc. secara virtual.

Terdapat 2 (dua) sesi yaitu sesi pelaksanaan IGRK dan sesi pelaksanaan SRN perubahan iklim yang sebelumnya terdapat materi mengenai pelaksanaan IGRK di nasional oleh Direktur IGRK dan MPV dan subnasional Papua Barat oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat serta dukungan pelaksanaan IGRK oleh akademisi/peneliti dari Universitas Papua (UNIPA). Narasumber sesi pelaksanaan IGRK adalah Sub Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca Sektor Berbasis Lahan dan Non Lahan, sedangkan narasumber materi pelaksanaan SRN dari Sub Direktorat Monitoring, Pelaporan, Verifikasi dan Berbasis Lahan dan Non Lahan.

Pada sesi pertama, materi berfokus pada pelaksanaan IGRK di semua sektor, yaitu: pertanian, kehutanan, limbah, energi, dan industri. Peserta diberi pemaparan materi tiap sektor masing-masing mengenai data apa saja yang perlu diinput di tiap sector serta praktek mengoperasikan SIGN SMART dari penginputan data hingga mengkalkulasikan emisi.

20210707papua0102

Pada sesi kedua, narasumber menjelaskan prosedur penyelenggaraan SRN, mulai dari pendaftaran hingga verifikasi aksi dan sumber daya serta menjelaskan manfaat dari penginputan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di SRN.

20210707papua0103

Dari kegiatan ini, diharapkan peserta bisa melaksanakan inventarisasi gas rumah kaca secara akurat, transparan, konsisten, lengkap, dan dapat diperbandingkan sesuai syarat pelaporan informasi emisi di UNFCCC serta bisa mengidentifikasi aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah mereka lakukan dan bisa menginput aksi-aksi tersebut ke dalam SRN.

Sumber   : Ren Giat Bagus Permana, S.Hut

Editor     : Humas BPPIKHL-MAP

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini: