PEMADAMAN KARHUTLA KELURAHAN LANDASAN ULIN TIMUR DAOPS KALIMANTAN V/BANJAR

 

20210609kal0301

Tim Patroli Terpadu melakukan pemadaman dini sebelum Tim Pemadaman dari Kantor Daops Kalimantan V/Banjar Tiba

Banjarbaru_BPPIKHL Kalimantan. Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Kalimantan V/Banjar laksanakan pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hasil laporan Tim Patroli Terpadu (Patdu) Kelurahan Landasan Ulin Timur Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Kamis (3/6/2021).

"Kami terima laporan karhutla di Jl. Tamba Buluh Kelurahan Landasan Ulin Timur dari Tim Patdu pada pukul 13:14 WITA, dua puluh menit kemudian Tim Pemadaman dari Kantor Daops Tiba di lokasi" tutur Sailillah, Komandan Regu 3 Daops Kalimantan V/Banjar.

Tak tinggal diam selama menunggu tim dari Kantor Daops Manggala Agni, Tim Patroli Terpadu Kelurahan Landasan Ulin Timur yang terdiri dari Manggala Agni Daops Kalimantan/V Banjar; Masyarakat Peduli Api; Babinkantibmas serta Babinsa Kelurahan Landasan Ulin Timur, melakukan pemadaman dini dengan alat pemadaman manual yang dibawa saat melaksanakan patroli terpadu.

20210609kal0302

Tim 2 melakukan pemadaman menggunakan peralatan tangan untuk memotong laju api

Lokasi kebakaran di Jalan Tamba Buluh ini merupakan lahan semigambut dengan vegetasi berupa purun, tikus yang tebal dan mengering. Saat melaksanakan pemadaman, Tim Manggala Agni dibagi menjadi dua regu dikarenakan susahnya medan dan tebalnya vegetasi.

Sulitnya akses menuju lokasi pemadaman membuat kami sedikit terkendala dalam melakukan pemadaman hari ini, anggota dibagi dalam dua tim, ada tim yang melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan mekanis, dan satu tim pemadaman menggunakan peralatan manual untuk memotong laju api” ucap Sailillah sebagai kepala pemadaman.

20210609kal0303Tim 1 melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan mekanis

Api berhasil dikendalikan pada pukul 18.20 WITA. Selain anggota manggala agni daops Kalimantan V/Banjar dan Tim Patroli Terpadu Desa LAndasan Ulin Timur, turut dalam pemadaman Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Provinsi Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Tagana Dinas Sosial Banjarbaru dan Barisan Pemadam Kebakaran swasta.

20210609kal0304

Foto Bersama Tim Gabungan setelah pemadaman

“Kami sangat terbantu dengan adanya teman-teman dari Instansi lain yang juga ikut dalam melakukan pemadaman, sehingga kebakaran hutan dan lahan berhasil kita padamkan, kami akan terus menungkatkan sinegritas demi Kalsel Bebas Asap”, ujar Ibnu Harsodo selaku Kadaops Kalimantan V/Banjar.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2021; Daops Kalimantan V/Banjar; AF/MF; Editor:NFA)

.

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT