Penjaringan Potensi ProKlim pada Kelompok Nelayan Segara Batu Lumbang Di Hutan Pesisir Bali

 Denpasar 6 Mei 2021

20210515bali0901

Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (BPPIKHL JabalNusa) melalui kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan lahan melalukan penjaringan potensi Proklim di beberapa wilayah. Salah satunya dilaksanakan pada tanggal 3-5 Mei 2021 dengan lokasi kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Tahura Ngurah Rai merupakan salah satu Kawasan yang memiliki hutan mangrove yang ada di Bali. Salah satu daerah penyangga Kawasan Mangrove Tahura Ngurai terletak di desa Pemogan, Kota Denpasar, yaitu Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang. Kelompok ini telah melakukan berbagai tindakan dalam menjaga dan melestarikan hutan mangrove yang menjadi salah satu kawasan Tahura Ngurah Rai. Kona Antara selaku ketua Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang mengatakan, berawal dari kegelisahan nelayan yang bertempat tinggal dan mencari nafkah di sekitar kawasan Tahura Ngurah Rai, mereka ingin agar Kawasan tersebut tetap nyaman, aman dan bersih. Para nelayan mulai melakukan kegiatan pembersihan sampah plastik yang selalu menghampiri daerah pesisir ketika laut pasang, penanaman pohon agar kelestarian hutan terjaga hingga pemberian edukasi sejak dini pada sekolah di sekitar kawasan tentang menjaga daerah kawasan hutan. Semua usaha yang dilakukan tidak lepas dari kerjasama dan pemberian bantuan dari lingkungan sekitar. Kelompok nelayan juga membuat persemaian bibit mangrove sendiri untuk kegiatan rehabilitasi hutan mangrove. Selain digunakan nelayan untuk mencari ikan, daerah sekitar kelompok nelayan juga membuka usaha ekowisata penyewaan kano dan perahu kecil untuk kegiatan susur sungai.20210515bali0902

Kegiatan menjaga kawasan hutan pesisir yang dilakukan oleh Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang merupakan salah satu aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Didukung dengan komunikasi yang terjalin dalam kelompok yang harmonis, dapat mendukung menjadikannya kandidat Proklim di masa depan.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Mu’linatul Fitriani

I Nyoman Sumerta

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT