• Beranda
  • Berita
  • Sinergitas Multi Stakeholder Melalui Pemetaan Potensi di Provinsi Bali dalam rangka Inovasi Pencegahan Karhutla dan Pencapaian Target 20.000 ProKlim

Sinergitas Multi Stakeholder Melalui Pemetaan Potensi di Provinsi Bali dalam rangka Inovasi Pencegahan Karhutla dan Pencapaian Target 20.000 ProKlim

 Denpasar, 6 Mei 2021

BPPIKHL JabalNusa kembali melaksanakan kegiatan Pemetaan Potensi di Wilayah Kerja melalui Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Teknis Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla pada tanggal 3 s.d 5 Mei 2021. Pada kesempatan kali ini kegiatan dilakukan di Wilayah BKSDA Bali, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, tepatnya di daerah penyangga Resort Taman Wisata Alam Danau Buyan – Danau Tamblingan. Penjaringan potensi desa ini dilaksanakan untuk menggali potensi desa sekaligus mengenalkan ProKlim ke Dusun Tamblingan, Desa Munduk dan Dusun Peken, Desa Pancasari yang berada di Kecamatan Sukasada.

20210515bali0701

Made Suardana selaku Kepala Resort Taman Wisata Alam Danau Buyan-Tamblingan, menjelaskan bahwa keberadaan Danau Buyan dan Danau Tamblingan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat yang tinggal disekitar wilayah penyangga TWA Danau Buyan – Tamblingan, tidak terkecuali masyarakat di Dusun Tamblingan dan Dasong. Lebih lanjut, Made menjelaskan bahwa sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dengan jenis yang ditanam diantaranya sayur-sayuran, umbi-umbian, dan buah-buahan. Hasil panen tersebut selain untuk konsumsi keluarga, juga di jual di berbagai wilayah di Bali. Selain potensi dari hasil bumi, masyarakat di Dusun Tamblingan dan Dusun Peken juga telah menerapkan kegiatan adaptasi dan mitigasi dalam rutinitasnya, seperti pembuatan terasering, penghijauan di lingkungan sekitar, dan pemanfaatan kotoran ternak untuk pupuk organik, serta pemanfaatan air menggunakan sistem pengairan (masyarakat biasanya menyebutnya subak). Sebenarnya, Kegiatan adaptasi dan mitigasi sudah dilakukan sehari-hari tanpa masyarakat pernah menyadari dalam penamaan istilahnya.

20210515bali0702

Selain kegiatan penjaringan potensi, juga dilakukan pembagian bahan informasi seperti booklet dan leaflet sebagi salah satu piranti pengenalan ProKlim ke masyarakat. Dengan potensi yang dimiliki dan pengenalan ProKlim diharapkan menjadi pintu untuk mendukung dalam upaya pencapaian target 20.000 ProKlim pada tahun 2024. Selain itu, keberadaan Danau Buyan dan Danau Tamblingan penting untuk terus dilestarikan melalui beragam kegiatan baik yang dilakukan oleh multi stakeholder terkait bersama masyarakat, mengingat peran danau dan hutan di sekitarnya dalam upaya perlindungan mata air dan beragam manfaat lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan menumbuhkan sinergitas antara masyarakat dan pemerintah sebagai pemegang kebijakan. Lindungi sumber mata air yang kita miliki, jangan sampai air mata kita yang mengalir.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

I Ketut Gede Santi Budi

Ikhwanudin Rofi’i

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT