Penjaringan Potensi Desa Penyangga Kawasan dalam Mendukung Inovasi Gahkarhutla dan Pencapaian Target 20.000 ProKlim

20210515bali0601

 

Denpasar, 7 Mei 2021

Tanggal 28-30 April 2021, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (BPPIKHL JabalNusa) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan teknis pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan ke Taman Nasional Baluran. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penjaringan data potensi untuk inovasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dapat dilakukan di sekitar Kawasan Taman Nasional sekaligus pemetaan potensi desa dalam mendukung pencapaian target ProKlim di tahun 2024 sebanyak 20.000 lokasi. Selain menjaring data dan informasi dengan pemangku Kawasan, juga dilakukan kunjungan langsung ke lokasi untuk melihat secara langsung potensi yang dimiliki. Salah satu lokasi yang dikunjungi yaitu Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo yang menjadi salah satu desa penyangga Taman Nasional Baluran.

20210515bali0602

Dari hasil wawancara yang dilakukan, diketahui bahwa masyarakat Desa Wonorejo turut aktif membantu dalam kegiatan penjagaan hutan, salah satunya dengan keberadaan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang beranggotakan warga dari desa tersebut. Kegiatan yang masyarakat lakukan salah satunya patroli mandiri guna mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dengan kondisi geografis yang ada, mayoritas warga Desa Wonorejo bermatapencaharian sebagai petani, selain menyediakan homestay bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Potensi lain yang dimiliki adalah keberadaan sungai dengan arus yang deras, dimana hal ini berpotensi untuk dikembangkan wisata alam. “Keberadaan sungai dengan riam yang deras, diharapkan dapat dikembangkan menjadi wisata air, susur sungai dan juga arum jeram”, Ujar Adi selaku Sekretaris Desa Wonorejo. Potensi-potensi yang ada di Desa Wonorejo didukung keberadaan media website yang ada. Lebih lanjut Adi berharap dengan penjaringan potensi yang dilakukan ini semakin memudahkan kami dalam mengembangkan potensi yang ada dan meningkatkan jejaring dengan pihak terkait.

Pada kegiatan ini selain dilakukan penjaringan potensi juga dilakukan pembagian bahan informasi berupa booklet dan leaflet tentang pengenalan ProKlim dan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim. Besar harapan dengan potensi yang dimiliki dan informasi yang telah diperoleh mengenai ProKlim, semakin banyak wilayah yang mengusulkan ProKlim, khususnya wilayah penyangga kawasan konservasi.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Mu’linatul Fitriani

Ika Herdianawati

I Wayan Suparta


Tags: Mitigasi Perubahan Iklim, Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT