• Beranda
  • Berita
  • Mobile Klinik SRN: Sinkronisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Teknis Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Lahan di Kabupaten Situbondo

Mobile Klinik SRN: Sinkronisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Teknis Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Lahan di Kabupaten Situbondo

 Denpasar, 7 Mei 2021

20210515bali0501Kegiatan sinkronisasi dan koordinasi kegiatan teknis pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan di berbagai wilayah kerja. Salah satunya di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kegiatan dilakukan pada 28-30 April 2021 di kantor Dinas Lingkungan Hidup Situbondo.

Sinkronisasi dan koordinasi teknis kegiatan di DLH Situbondo dilakukan melalui skema Mobile Klinik Sistem Registri Nasional (SRN). Mobile klinik SRN merupakan salah satu kegiatan BPPIKHL JabalNusa untuk menjaring lebih banyak kegiatan aksi adaptasi dan mitigasi pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan pada tingkat tapak.

Ranti Seta AP sebagai Kepala Seksi Pemeliharaan dan Kehutanan DLH Kabupaten Situbondo mengungkapkan banyak kegiatan aksi adaptasi dan mitigasi yang ada di Kabupaten Situbondo. Salah satunya Dusun Pesisir Timur, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang lebih terkenal dengan nama Desa Wisata Blekok. Desa ini telah mendapatkan kategori ProKlim Utama. Desa Blekok merupakan desa yang berada di Kawasan pesisir hutan mangrove dan menjadi habitat tempat tinggal hewan Blekok. Menjaga kelestarian ekosistem Kawasan mangrove menjadi salah satu aksi kegiatan mereka. Kegiatannya antaran lain penangkaran blekok dan penanaman mangrove untuk memperluas areal kawasan. Melihat berbagai potensi yang ada, tim BPPIKHL JabalNusa memberikan dukungan berupa pendataan aksi adaptasi dan mitigasi yang bisa didaftarkan ke SRN untuk pengusulan ProKlim Lestari.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Mu’linatul Fitriani

Ika Herdianawati

I Wayan Suparta

20210515bali0502

Tags: Mitigasi Perubahan Iklim, Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT