Mobile Klinik SRN JabalNusa, Dukungan Percepatan Penjaringan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

20210515bali0401

Ditemui langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana, S.Pd., M.Si., tim BPPIKHL JabalNusa menjelaskan tujuan kegiatan Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Teknis Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla. Kegiatan ini secara langsung juga mengadakan Mobile Klinik Sistem Registri Nasional (Mobile Klinik SRN) di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Desa Paksebali dan Desa Besan Kecamatan Dawan tanggal 28 s.d 30 April 2021. “Untuk pertama kalinya kami di Kabupaten Klungkung ini berniat mendaftarkan SRN setelah beberapa waktu lalu mengikuti kegiatan sosialisasi dari Balai PPIKHL JabalNusa” ujar I Ketut Suadnyana saat menerima tim di ruangan kantornya. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan dan menunjukkan sinkronisasi antar stakeholder terkait mengingat kita smua membutuhkan dukungan yang konkrit dari setiap lini kekuatan dalam rangka pengendalian perubahan iklim. Dalam kesempatan ini pula tim melakukan wawancara dan pengumpulan data informasi penting lainnya dari Dinas terkait untuk melihat konteks keseluruhan dalam upaya mendukung implementasi adaptasi dan mitigasi pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan.

Mobile Klinik SRN menjadi bukti kehadiran Balai dalam mendampingi, memfasilitasi sekaligus konsultasi dengan instansi di daerah yang mengalami kendala dalam pengisian SRN. Lebih dari itu layanan ini juga menjadi alat bagi Balai dalam menyebarluaskan pentingnya pencatatan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan berbagai stakeholder dan masyarakat ke dalam SRN.

Keberadaan Mobile Klinik SRN menjadi bagian dari kinerja BPPIKHL JabalNusa ssebagai Unit Pelaksana Teknis dalam mendukung peran serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan selaku National Focal Point (NFP) c.q. Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan melaporkan capaian Aksi Mitigasi Perubahan Iklim di 5 sektor (Kehutanan, Energi, Pertanian, Limbah, dan IPPU) dan Aksi Adaptasi Perubahan Iklim ke Sekretariat UNFCCC melalui Biennial Update Reports (BUR) dan National Communication (NatCom). Upaya-upaya yang mendukung implementasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim sangat penting untuk dimasukkan dalam aplikasi SRN sebagai bentuk konkrit peran serta Indonesia dalam kesepakatan Perjanjian Paris yaitu upaya penurunan emisi 29% dengan usaha sendiri atau 41% dengan bantuan negara lain sampai tahun 2030.

Kegiatan yang menyasar Desa Paksebali dan Desa Besan Kecamatan Dawan diawali dengan pemaparan singkat tentang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, keberadaan kantor BPPIKHL JabalNusa, serta ProKlim. Selanjutnya secara teknis memberi pendampingan kepada calon operator pengisi data SRN lewat Mobile Klinik SRN BPPIKHL JabalNusa. Sebagai bagian dari kegiatan Mobile Klinik SRN, tim BPPIKHL JabalNusa juga memberikan bahan informasi seperti poster, leaflet dan booklet mengenai SRN.

Sebagai informasi selain hadir langsung ke lapangan melalui Mobile Klinik SRN, BPPIKHL JabalNusa berkolaborasi dengan Sekretariat SRN menyelenggarakan Klinik SRN secara daring setiap Jumat Legi dan Jumat Kliwon melalui zoom dan channel youtube BPPIKHL JabalNusa. Sebuah langkah kecil sebagai implementasi Balai mendukung Indonesia Menuju 20.000 Kampung Iklim pada Tahun 2024.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Endah Sulistyowati, S.Hut

Atik Murwatiningrum, S.Sos

20210515bali0402

Tags: Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT