Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan melalui Mobile Klinik SRN di Tahura Raden Soerjo

 

Denpasar, 6 Mei 2021

Sinergitas dengan berbagai pemangku kawasan terus dilakukan oleh BPPIKHL JabalNusa. Salah satunya melalui Sinkronisasi dan Koordinasi pelaksanaan kegiatan teknis pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan di Tahura Raden Soerjo, Malang, Jawa Timur pada 28 April hingga 1 Mei 2021.

20210515bali0201

 

Sinkronisasi dan koordinasi dilakukan untuk bersinergi bersama antara BPPIKHL JabalNusa dengan intansi daerah dalam upaya penurunan emisi. Sesuai kesepakatan Paris, Indonesia diwajibkan untuk menurunkan emisi sebesar 29% dengan usaha sendiri atau 41% dengan bantuan negara lain sampai tahun 2030. Dimana Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim merupakan National Focal Point (NFP) yang bertugas untuk melaporkan capaian penurunan emisi melalui National Communications (Natcom) dan Biennial Update Report (BUR). Tools yang digunakan sebagai basis penyusunan pelaporan tersebut adalah Sistem Registri Nasional (SRN) PPI, yaitu sistem yang menampung aksi dan sumberdaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan di Indonesia. SRN juga dipergunakan untuk pelaporan, pengumpulan data aksi Program Kampung Iklim (ProKlim).

20210515bali0202

Sadrah Devi selaku Kepala Seksi Perencanaan, Pengembangan dan Pemanfaatan Tahura Raden Soerjo menuturkan bahwa banyak potensi – potensi desa yang sudah melakukan kegiatan adaptasi mitigasi perubahan iklim di wilayah UPT Tahura Raden Soerjo namun belum terekam sepenuhnya untuk dapat diregistrikan ke SRN dan diusulkan dalam Proklim.Dari hasil diskusi tersebut BPPIKHL Wilayah JabalNusa melakukan kunjungan lapangan ke Kelurahan Prigen, Kelurahan Ledug dan Desa Jatiarjo untuk menjaring potensi aksi adaptasi dan mitigasi yang telah dilakukan di tingkat tapak. Masing – masing wilayah memiliki potensi aksi yang berbeda seperti Kelurahan Prigen dengan keunggulan pertanian organik, kelurahan Ledug dengan pemanfaatan lahan untuk tanaman hias, dan Desa Jatiarjo dalam pengelolaan sumber mata air.

Adanya kegiatan Sinkronisasi dan koordinasi melalui skema Mobile Klinik SRN ke berbagai daerah di wilayah kerja diharapkan mampu meningkatkan sinergitas dan kerja sama multipihak dalam penurunan emisi dan registrasi aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim ke Sistem Registri Nasional PPI.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

Seto Cahyo Nugroho

Satrio Sapta Nugroho

Tags: Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT