Pemetaan Potensi untuk Inovasi Pencegahan Karhutla dan ProKlim di Desa Penyangga Tahura Raden Soerjo

 Denpasar, 6 Mei 2021

BPPIKHL JabalNusa melakukan penjaringan data potensi melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah UPTD Tahura Raden Soerjo pada 28 April s.d. 1 Mei 2021. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung upaya pemenuhan target 20.000 ProKlim pada tahun 2024 sekaligus pemetaan desa untuk inovasi dalam pencegahan karhutla. Tahura Raden Soerjo memiliki banyak desa penyangga yang mengelilingi kawasan di sekitarnya dengan beragam potensi yang dimilikinya.

20210515bali0101

Sadrah Devi, S.Hut. M.Phil selaku Kepala Seksi Perencanaan, Pengembangan dan Pemanfaatan Tahura Raden Soerjo menjelaskan bahwa banyak desa-desa disekitar kawasan penyangga yang memiliki potensi sekaligus melakukan kegiatan terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. “Pada beberapa desa di kawasan penyangga Tahura Raden Soerjo turut aktif dalam berbagai kegiatan terkait adaptasi dan/atau mitigasi seperti penanaman dan penjagaan sumber mata air yang ada”, Ujar Sadrah Devi. Dedi Hadiana, S.Hut., MM, selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat turut menambahkan bahwa masyarakat di sekitar kawasan penyangga turut serta dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dan juga pada sebagian wilayah melakukan pemanfaatan limbah organik menjadi pupuk.

Lokasi yang dikunjungi dalam penjaringan potensi kali ini meliputi Kelurahan Prigen, Kelurahan Ledug, dan Desa Jatiarjo. Ketiga lokasi ini berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dari informasi yang diperoleh, bahwa masyarakat di ketiga lokasi tersebut umumnya melakukan pemanfaatan limbah organik untuk dijadikan pupuk organik, perlindungan sumber mata air, dan perlindungan embung untuk antisipasi kejadian karhutla saat musim kemarau.

20210515bali0102

 

Pada kegiatan ini, selain penjaringan data dan informasi mengenai potensi wilayah dalam pencegahan karhutla dan ProKlim, juga dilakukan pembagian bahan informasi seperti booklet dan poster, dengan tujuan dapat disampaikan kepada warga desa disekitarnya agar semakin banyak yang mengisi link tersebut. Jika dilihat dari database penjaringan potensi di link http://bit.ly/DJPPI20000ProKlim dan https://bit.ly/DJPPIGahkarhutla , diketahui bahwa sampai saat ini telah terdata potensi dari 8 desa penyangga di sekitar kawasan Tahura Raden Soerjo.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

I Ketut Gede Santi Budi

Ikhwanudin Rofi’i

Tags: Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT