Provinsi Kalimantan Timur Bersiap Mendukung Pencapaian target 20.000 Kampung Iklim di Tahun 2024

 

20210504kal0201

Peningkatan kapasitas Program Kampung Iklim Tahun 2021 lingkup Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan_BPPIKHL Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur sampaikan dukungan untuk mewujudkan target pembetukan 20.000 Progam Kampung Iklim (Proklim) pada tahun 2024, dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Program Kampung Iklim Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Town House Kota Balikpapan,Kalimantan Timur,Selasa (27/04/2021).

“Kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Proklim di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, sehingga harapan kami di tahun 2021 pengusulan lokasi Proklim Kalimantan Timur akan semakin banyak. Melalui Program FCPF (Forest Carbon Partnership Facility_red) Carbon Fund di Kalimantan Timur, sudah terbentuk sekitar sembilan puluh sembilan Padiatapa Kampung Iklim + dari target pembentukan seratus lima puluh lokasi, harapannya lokasi tersebut dapat di daftarkan menjadi Proklim melalui Sistem Registri Nasional", tutur Ir. H. E.A. Rafiddin Rizal, S.T,M. Si, Kepala DLH Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (27/04/2021).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 10 (sepuluh) perwakilan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota dan pelaku usaha lingkup Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan secara tatap muka dengan metode paparan materi dan praktek pengisian data teknis usulan Proklim dan penggunaan aplikasi SPECTRUM untuk menghitung penurunan emisi gas rumah kaca berbasis android.

Tri Setiawan, S.Hut.,M.Ec.Dev., M.A, Kepala Seksi Perubahan Iklim Balai Pengendalian Perubahan iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Kalimantan yang hadir sebagai narasumber, menyampaikan bahwa meskipun terdapat perubahan format isian excel Proklim tahun 2021 dan penggunaan aplikasi Sistem Perhitungan Penurunan Emisi GRK Secara Cepat, Tepat dan Resposible Untuk Masyarakat (SPECTRUM) , namun stakeholder harus tetap optimis dalam pelaksanaan Proklim tahun 2021 bisa selesai sesuai target pendaftaran Proklim pada tanggal 10 Mei 2021.

20210504kal0202

Pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur

Di bawah bimbingan Tim Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, peserta pelatihan melakukan praktek pengisian data teknis usulan Proklim dan praktek instalasi/pemasangan aplikasi SPECTRUM pada gawai berbasis android sekaligus praktek input data aksi mitigasi perubahan iklim untuk perhitungan penurunan emisi GRK pada aplikasi tersebut.

Selama proses kegiatan, peserta sangat antusias untuk mengetahui tata cara pengisian data baik dalam data teknis Proklim maupun penggunaan aplikasi SPECTRUM sehingga banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan praktek input data teknisProklim dan penggunaan aplikasi SPECTRUM

Pada bulan April ini, selain Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Selatan telah lebih dahulu melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas Proklim Tahun 2021 yang diikuti oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota.

Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan terus bersinergi bersama Pemerintah Daerah di wilayah Kalimantan untuk melakukan peningkatan kapasitas daerah dalam kegiatan Proklim khususnya untuk mewujudkan target pembentukan 20.000 Kampung Iklim di Indonesia pada tahun 2024.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2021; Seksi Perubahan Iklim; AF/RDA; editor NFA)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT