5 (Lima) Kelurahan di Kota Balikpapan Bersiap Naik Kategori Proklim Utama pada Tahun 2021

 

20210504kal0101

Peserta kegiatan Bimbingan Teknis Proklim dan Spectrum lingkup Kota Balikpapan

Balikpapan_BPPIKHL Kalimantan. Persiapkan naik kategori proklim utama, perwakilan dari 5 (lima) lokasi Proklim kategori Madya di Kota Balikpapan ikuti bimbingan teknis Program Kampung Iklim (Proklim) dan Sistem Perhitungan Penurunan Emisi GRK Secara Cepat, Tepat dan Resposible Untuk Masyarakat (SPECTRUM) Tahun 2021 di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (28/04/2021)

Noorlewati, Kepala Bidang Penataan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Balikpapan, menyampaikan bahwa Proklim di wilayah Kota Balikpapan pada tahun 2021 akan berfokus kepada proses pendaftaran ulang lokasi Proklim Madya untuk naik kategori menjadi Proklim Utama melalui aplikasi SRN, dan berharap melalui bimbingan teknis ini 5 lokasi Proklim Madya Kota Balikpapan dapat menggali data aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara lebih baik

“Kami sampaikan bahwa 5 (lima) kelurahan yang akan didaftarkan menjadi Proklim Utama di Kota Balikpapan yaitu Kelurahan Sepinggan, Kelurahan Baru Tengah, Kelurahan Baru Ulu, Kelurahan Sungai Nangka, dan Kelurahan Margasari”, jelas Noorlewati.

Menanggapi keinginan DLH Kota Balikpapan, Tri Setiawan, Kepala Seksi Perubahan Iklim Balai Pengendalian perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Kalimantan yang diundang sebagai narasuber, menyampaikan bahwa ke-5 lokasi yang akan diusulkan menjadi proklim utama harus memaksimalkan pengisinan data teknis tahun sebelumnya.

“Karena target dari Kota Balikpapan untuk melakukan daftar ulang menjadi Proklim Utama, maka pada kesempatan ini dapat dimaksimalkan untuk memperbaiki isian data teknis Proklim tahun sebelumnya, sehingga dapat diketahui apakah lokasi sudah siap didaftarkan ulang untuk naik kategori menjadi Proklim Utama.” ujarnya.

"Selain penguatan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, hal penting yang perlu diperhatikan adalah komponen kelembagaan yang baik karena kelembagaan ini memiliki bobot terbesar dalam kegiatan Proklim", tambah Tri Setiawan.  

20210504kal0102

Penguatan aksi adaptasi dan mitigasi serta kelembagaan Proklim oleh Balai PPIKHL Kalimantan

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengenalan dan praktek aplikasi SPECTRUM yang menjadi salah satu komponen penilaian kegiatan Proklim mulai tahun 2021. Praktek penggunaan aplikasi SPECTRUM bagi perwakilan 5 lokasi proklim Kota Balikappan lebih dikhususkan pada aksi mitigasi perubahan iklim di wilayah perkotaan melalui Proklim.

Sampai dengan akhir Bulan April 2021, kabupaten/ kota di wilayah Kalimantan semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan Proklim dengan melakukan kegiatan sosialisasi maupun peningkatan kapasitas baik secara mandiri maupun melibatkan Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan telah lebih dahulu melaksanakan kegiatan bimbingan teknis Proklim bersama Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan pada minggu ke-dua bulan April 2021.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2021; Seksi Perubahan Iklim; AF/RDA; editor NFA)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT