Penguatan Kelompok MPA melalui Budidaya Lebah Madu Trigona menuju Zero Karhutla di Bali Utara

20210504bali0201

Pencarian solusi permanen pengendalian karhutla melalui penguatan kelompok MPA berbasis usaha ekonomi terus diupayakan oleh BPPIKHL JabalNusa. Salah satu lokus kegiatan ini adalah Kelompok MPA di KPH Bali Utara. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Banyupoh dilaksanakan pada 22-23 April 2021 yang diikuti oleh anggota MPA dan masyarakat sekitar hutan sebanyak 30 (tiga puluh) orang yang berasal dari empat desa, yaitu Desa Banyupoh, Pemuteran, Sumberkima dan Pejarakan.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Kepala KPH Bali Utara, Camat Gerokgak, Kepala Desa Banyupoh dan Kepala Desa Pemuteran. Ketut Bijaksana selaku Kepala Desa Banyupoh menyambut baik pelaksanaan kegiatan dan berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi pionir dan berharap peserta mampu membagikan ilmunya kepada masyarakat yang lain. Pada kesempatan yang sama Camat Gerokgak (Made Juartawan, S.STP., M.M.) menyampaikan permintaan agar BPPIKHL JabalNusa memfasilitasi pembentukan MPA di Desa lain di wilayah Gerokgak, mengingat Desa-desa di Kecamatan Gerokgak merupakan Desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan. Dengan terbentuknya MPA, Made Juartawan berkeyakinan kejadian karhutla khususnya di wilayah Kecamatan Gerokgak bisa dikendalikan. Senada dengan penyampaian Camat Gerokgak, Kepala KPH Bali Utara (Ir. I Ketut Suastika, M.M.) sependapat bahwa keberadaan MPA memegang peran penting dalam pengendalian Karhutla, oleh karena itu Suastika menyampaikan apresiasi kepada BPPIKHL JabalNusa yang telah memfasilitasi kegiatan Penguatan Kelompok MPA berbasis Usaha Ekonomi dengan menitikberatkan pada budidaya lebah Trigona.

20210504bali0202

 

Peserta Penguatan kelompok MPA berbasis usaha ekonomi mendapatkan pembekalan baik teori maupun praktek dari BPPIKHL JabalNusa, KPH Bali Utara dan Praktisi / Peternak Lebah yang sudah berpengalaman di bidang Budidaya lebah madu Trigona. Dengan menghadirkan langsung peternak lebah Trigona, BPPIKHL JabalNusa berharap peserta kegiatan dapat lebih mudah memahami teknik budidaya lebah Trigona dan mampu menerapkan kegiatan budidaya di lingkungan mereka.

Antusiasme peserta terhadap budidaya lebah Trigona sangat jelas terlihat, bahkan sampai dengan sesi coffee break mereka memanfaatkan waktu untuk berdiskusi lebih intens dengan praktisi lebah madu yang telah berhasil mengembangkan budidaya lebah Trigona ini. Selama ini beberapa dari mereka merupakan pencari lebah alam di sekitar hutan. Peserta berkomitmen untuk mencoba membudidayakan lebah Trigona yang akan diserahkan oleh BPPIKHL JabalNusa.

Untuk menunjang keberhasilan budidaya lebah Trigona, masyarakat diharapkan mau menanam tanaman pakan lebah berupa bunga, sayuran dan pepohonan yang mengandung polen dan nektar. Jenis tanaman penghasil polen antara lain : aren, lamtoro, puspa, bidara, tembakau, jambu mete, alpukat, jambu bol, jagung, kacang panjang, bayam dan putri malu, sedangkan tanaman penghasil nektar dan polen antara lain: kapuk randu, kayu putih, tebu, vanili, kelapa, wijen, kopi, kedondong, durian, pepaya, waluh, semangka, pisang, belimbing, lengkeng, anggur, mentimun, kacang tanah, kedelai, bunga flamboyan dan bunga air mata pengantin. Masyarakat diharapkan menanam tanaman penghasil polen dan nektar yang sesuai dengan wilayah mereka.

Apreasiasi berupa pemberian 10 setup lebah madu Trigona sebagai stimulan bagi kelompok MPA diharapkan dapat mendongkrak perekonomian anggota MPA. Apresiasi/stimulus berupa 10 stup lebah madu Trigona diserahkan oleh BPPIKHL Wilayah JabalNusa kepada perwakilan anggota MPA. Pemberian stimulan lebah Trigona diharapkan mampu mendongkrak semangat MPA untuk tetap berkomitmen dalam upaya pengendalia karhutla, khususnya diwilayah KPH Bali Utara.

Made Suartana, S.Hut. (PEH BPPIKHL JabalNusa) menyampaikan pesan Kepala Balai PPIKHL JabalNusa bahwa anggota MPA merupakan ujung tombak pengendalian karhutla yang kinerjanya patut diberikan apresiasi oleh pemerintah. Pemberian stimulan lebah Trigona merupakan satu upaya mencari solusi permanen pengendalian karhutla, guna mewujudkan zero karhutla, hutan lestari, masyarakat sejahtera.

 

Kehumasan Balai PPIKHL JabalNusa

Made Suartana

Clara Rosy Irawati

20210504bali020320210504bali0204

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT