PEMERINTAH SERIUS KENDALIKAN KARHUTLA DI RIAU

 

20210301pkhl0102

Pemerintah sangat serius dalam Pengendalian kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2021 di Riau. Menurut prediksi BMKG curah hujan rendah di Riau. Pemerintah mengambil langkah nyata untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Rencana TMC berupa hujan buatan, akan dilaksanakan pada awal bulan Maret. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Basar Manullang pada program Mahoni di Green Radio Line, Pekanbaru (26/2), dengan mengangkat tema Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau.

Acara berlangsung selama 45 menit, menghadirkan narasumber Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Basar Manullang, dan Koordinator Manggala Agni Wilayah Riau Edwin Putra, dengan moderator Razamjal dari Green Radio Line, Pekanbaru.

“Pada Rapat Koordinasi bersama Presiden RI yang telah dilaksanakan tanggal 22 Februari 2021, presiden meminta semua stakeholder segera melaksanakan upaya pengendalian karhutla dengan memprioritaskan upaya pencegahan, melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot, dan pemantauan kondisi harian di lapangan dan menggandeng organisasi keagamaan dalam memberikan edukasi terus menerus pada masyarakat,” jelas Basar.

Basar juga mengungkapkan bahwa sejak 2020 telah menjalankan salah satu solusi permanen pengendalian karhutla yaitu kegiatan MPA Pararegal dengan melakukan pelatihan, pedampingan yang didukung oleh polsek, koramil, babinsa, bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan pendamping masyarakat (LSM).

Koordinator Manggala Agni Wilayah Riau, Edwin juga mengungkapkan bahwa Gubernur Riau telah menetapkan status siaga darurat. Dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan Satgas Provinsi Riau telah melakukan beberapa pemadaman seperti di Bengkalis, Siak dan Rengat. Pada awal bulan Maret Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan akan melaunching Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla dan kami akan memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak seperti MPA dan Stakeholeder Satgas lainnya.

“Untuk masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan di fase musim kemarau fase yang pertama ini. Jika ada kejadian karhutla di lingkungan sekitar agar segera dipadamkan dengan cepat dan MPA yang ada agar berperan aktif dalam upaya pencegahan karhutla. Untuk Satgas Kabupaten atau Kota di Provinsi Riau tetap jaga kekompakan dan soliditas yang ada,” tambah Edwin. (NPU/PKHL)

20210301pkhl0101 20210301pkhl0103

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT