SAMAKAN LANGKAH SATUKAN TEKAD DAOPS KALIMANTAN VIII/PONTIANAK IKUTI APEL SIAGA KABUPATEN KUBURAYA

 

20210223kal0101

Pengecekan Pasukan oleh Bupati Kubu Raya, H. Muda Hendrawan

Kubu Raya_BPPIKHL Kalimantan. Daerah Operasi (Daops) Kalimantan VIII/ Ikuti Apel Siaga Karhutla dan Gelar Pasukan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat yang diikuti oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kepolisian Republik Indonesia (PolriBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, Manggala Agni, Pemadam kebakaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kubu Raya, Kamis (18/02/2021).

"Dilaksanakannya apel gelar pasukan ini adalah untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekad untuk bahu membahu dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Kubu Raya” Tutur Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, SH, saat menyampaikan sambutan sebagai Pengambil Apel.

H. Muda Hendrawan juga menegaskan agar semuan unsur TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta Instansi terkait dan elemen masyarakat untuk bersinergi dalam penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Kubu Raya.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menyampaikan Surat Edaran ke seluruh Desa terutama pada Desa yang memiliki lahan gambut yang rawan kebakaran, agar dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar, sehingga tidak mengganggu visibility baik di darat, udara maupun perairan yang berpengaruh langsung pada kegiatan masyarakat akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan tersebut", Tambah H. Muda Hendrawan.

"Demikian pula Koramil dan Polsek melalui Babinsa dan Babinkamtibmas agar mendata daerah rawan kebakaran hutan dan lahan serta melakukan penindakan terhadap pelaku pengrusakan hutan dan pembukaan lahan dengan cara membakar” Pungkas H. Muda Hendrawan.

20210223kal0102

Pelaksanaan Apel Siaga

Ditemui dalam acara yang sama, Kepala Daops Kalimantan VIII/Pontianak, Taufikurrohman menyatakan bahwa Manggala Agni Kalimantan VIII/Pontianak siap bersinergi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan pengendalian karhutla di Wilayah Kubu Raya.

Taufikurrohman juga menjelaskan bahwa Daops Kalimantan VIII/Pontianak dari bulan januari 2021 telah melaksanakan patroli rutin pencegahan karhutla untuk memantau lokasi-lokasi rawan karhutla dan deteksi dini lokasi karhutla agar cepat ditangani.

Menurut Taufikurrohman, di bulan Februari ini wilayah Kerja Daops Kalimantan VIII/Pontianak khususnya di Kabupaten Kubu Raya cuaca cukup panas/ekstrim, sehingga telah terjadi karhutla di beberapa desa rawan.

"Tepatnya dari tanggal 10 hingga tanggal 21 Februari 2021 kami sudah melaksanakan upaya - upaya pengendalian karhutla melalui kegiatan pemadaman yang bersinergi dengan instansi terkait seperti BPBD, TNI, Polri, damkar swasta, damkar pemerintah, MPA dan Satpol PP" tutur Taufikurrohman.

"Deteksi dini dan pemadaman dini kami utamakan dalam kegiatan pengendalian karhutla, dan dalam waktu dekat Daops Kalimantan VIII/Pontianak akan melaksanakan patroli mandiri pencegahan karhutla namun sebelumnya kami akan melaksanakan rapid test antigen bagi tim patroli " tambahnya.

Di wilayah kerja Daops Kalimantan VIII/Pontianak dari tanggal 1 Januari s.d 21 Februari tercatat telah terjadi 262 titik panas (hotspot) (pantauan terhadap 3 satelit, SNPP, Terra/Aqua, NOAA 20).

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2021; Kalimantan VIII/Pontianak; AF/SA)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT