Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Taman Nasional Alas Purwo

 

Banyuwangi, 28 November 2020

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan masih dilakukan hingga menjelang akhir tahun oleh BPPIKHL JabalNusa. Karakteristik wilayah Kawasan konservasi di wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara yang beragam, menyebabkan pencegahan karhutla melalui patroli pencegahan dilakukan dalam waktu yang berbeda, salah satunya di wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Berdasarkan riwayat data karhutla di TN Alas Purwo pada tahun 2019, kebakaran hutan dan lahan di wilayah ini terjadi pada rentang waktu Bulan Oktober-Desember. Wilayah pesisir dengan tiupan angin yang kencang menambah kewaspadaan karhutla di wilayah ini.

20201219jbn0201

Dengan berbagai pertimbangan yang ada, BPPIKHL JabalNusa melaksanakan patroli mandiri pencegahan karhutla bersama TN Alas Purwo. Sebanyak 25 personil yang terdiri dari staf BPPIKHL JabalNusa, Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Alas Purwo, serta Masyarakat Peduli Api tergabung dalam tim patroli yang menyebar ke 5 (lima) Desa rawan karhutla yang berbatasan langsung dengan wilayah Taman Nasional Alas Purwo.

Kegiatan patroli diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Teguh Pramono, SE selaku Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan di BPPIKHL JabalNusa. “Meskipun tahun ini kita mengalami musim kemarau basah, tapi jangan pernah kita lengah dan terus tingkatkan kegiatan pencegahan karhutla” tuturnya. Selesai menerima arahan, tim dibagi menjadi 5 (lima) regu yang masing-masing akan melaksanakan patroli di Desa Kalipait, Desa Kedungasri, Desa Kendalrejo, Desa Purwoagung yang berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Desa Sumberasri di Kecamatan Purwoharjo. Kegiatan patroli mandiri dilaksanakan selama 5 (lima) hari yakni tanggal 23 s.d. 27 November 2020.

20201219jbn0201

Masing-masing regu melakukan pengecekan lapangan dengan mengamati kondisi bahan bakar, kondisi vegetasi, suhu, pengambilan titik koordinat serta mencatat hal spesifik lainnya yang ditemui di lapangan. Dalam perjalanan menuju lokasi Desa Purwoagung, regu patroli menemukan warga yang sedang membersihkan lahan perkebunan dengan cara membakar. Setelah melakukan sedikit perbincangan, hal ini dikarenakan persiapan lahan saat memasuki musim hujan dan membakar merupakan cara tercepat untuk pembersihan. Sebagai upaya antisipasi, regu patroli memberikan penyuluhan kepada warga serta memastikan agar pembakaran yang dilakukan dapat terkendali.

Seluruh regu patroli juga menyempatkan waktu untuk bergotong royong melakukan pembersihan akses jalan menuju Pos Resort Jati Papak. Selain menjadi tempat wisata mangrove, Pos Resort Jati Papak juga memiliki menara pantau yang berguna untuk melihat sumber api apabila terjadi karhutla. Pembersihan akses jalan dilakukan agar memudahkan petugas yang keluar masuk untuk melakukan pemantauan.

KEHUMASAN BPPIKHL JABALNUSA

Muhamad Hafiz, S.Hut

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT