WORKSHOP PEMETAAN INFORMASI TEKNOLOGI RENDAH KARBON SEKTOR NDC DI MALUKU DAN PAPUA

 

 

Manokwari, 16 – 17 November 2021

“Melalui workshop ini, kita diingatkan kembali untuk mempersiapkan dengan melengkapi diri kita sendiri dan memperkuat Kerjasama antara kita, karena untuk mengendalikan dampak perubahan iklim diperlukan kerjasama baik dari sektor NDC, pemerintah, masyarakat, maupun Lembaga Swadaya” Ucap Dr. Drs. Wahyu Marjaka, M.Eng selaku Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sekotral dan Regional.

                                                                                                      19112020papua0201                                       

Gambar 1. Foto Bersama Peserta Workshop

Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua, telah menyelenggarakan Workshop Pemetaan Informasi Teknologi Rendah Karbon Sektor NDC di Maluku dan Papua pada tanggal 16 – 17 November 2020 bertempat di Swiss-Belhotel Manokwari. Kegiatan dilaksanakan secara offline maupun online. Kegiatan secara offline diikuti oleh Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Dinas ESDM Provinsi Papua Barat, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, serta UPT KLHK lingkup Provinsi Papua Barat. Kegiatan secara online diikuti oleh Dinas Provinsi lingkup Papua, Maluku dan Maluku Utara yang membidangi sektor kehutanan, limbah, energi, industri dan perdagangan serta pertanian.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Tanah Papua, pembacaan doa, serta laporan Ketua Panitia oleh Sucipto, S.Hut. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Prianto S.Hut, M.Si (Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua) dan Dr. Drs. Wahyu Marjaka, M.Eng (Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional) Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, sekaligus membuka kegiatan Workshop secara resmi. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto Bersama dengan peserta yang ikut secara offline maupun online.

19112020papua0202

Gambar 2. Laporan Ketua Panitia, Sambutan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua dan Pembukaan oleh Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral, Ditjen PPI

Di hari pertama, dilangsungkan pemaparan materi mengenai Pengendalian Perubahan Iklim dan Identifikasi Teknologi Rendah Karbon oleh Dr. Drs. Wahyu Marjaka, M.Eng. Dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Penerapan Teknologi Rendah Karbon di sektor pertanian, kehutanan, limbah serta industri dan perdagangan yang disampaikan oleh masing-masing perwaklian dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. Pemaparan pada hari pertama dimoderatori oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua (Prianto, S.Hut, M.Si). Pada pemaparan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh peserta secara offline maupun online.

19112020papua0203

Gambar 3. Pemaparan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Pada hari kedua, kegiatan kembali dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Kesiapan Sistem Registri Nasional Dalam Kaitan Penerapan Teknologi Rendah Karbon yang disampaikan oleh Ir. Hari Wibowo selaku Kepala Subdirektorat MPV-R Aksi Mitigasi Berbasi Non Lahan Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV. Pemaparan tersebut dimoderatori oleh Kepala Seksi Perubahan Iklim Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua, (Vemmy Jolanda Wyzer, S.Hut). Pada sesi selanjutnya, dilakukan pemaparan mengenai Pembahasan Matriks Identifikasi Teknologi Rendah Karbon oleh Rizki Amelgia, S.Hut, M.Sc yang dimoderatori Vebby Vanadila S.T, M.Env yang merupakan tim dari Seksi Informasi Teknologi Rendah Karbon Subdirektorat Peningkatan Kapasitas dan Teknologi Rendah Karbon. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengenai Juknis Inventarisasi Teknologi Rendah Karbon yang dipandu tim dari Seksi Informasi Teknologi Rendah Karbon.

19112020papua0204

Gambar 4. Pemaparan Materi Hari ke-2

Mengakhiri rangkaian workshop, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua (Prianto, S.Hut, M.Si) menyampaikan sambutan penutup yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan Workshop Pemetaan Informasi Teknologi Rendah Karbon Sektor NDC di Maluku dan Papua. Kegiatan diakhiri dengan foto Bersama.

19112020papua0205

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT