WORKSHOP PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DAN NON APARATUR TERKAIT BAHAN PERSUSAK OZON DI WILAYAH MALUKU PAPUA

 

Manokwari, 10 November 2020

’Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, selaku aparatur dan non aparatur sekaligus juga sebagai individu yang sebetulnya dapat melakukan langkah-langkah perlindungan lapisan ozon di rumah kita masing-masing “ ucap ibu Ir. Emma Rahmawaty, M.Sc. (Direktur Mitigasi Perubahan Iklim DJPPI KLHK)

Kegiatan Workshop Peningkatan kapasitas Aparatur dan Non Aparatur terkait Bahan Perusak Ozon di Wilayah Maluku Papua telah dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 di SwissBell Hotel Manokwari, Papua Barat. Sebelum kegiatan dilaksanakan, Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua telah melaksanakan pengumpulan data mengenai bahan perusak ozon ke instansi-instansi terkait dan ASISI (Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara) dan APITU (Asosiasi Praktisi Pedingin dan tata Udara) di wilayah kerja Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua.

Kegiatan ini diikuti melalui offline dan online melalui Zoom meeting. Peserta yang mengikuti workshop secara offline dihadiri oleh BAPPEDA Provinsi Papua Barat, Dinas Ligkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari Selatan, Dinas Lingkunga Hidup Kabupaten Manokwari, Dinas Perikanan dan Kelatutan Provinsi Papua Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat dan ASISI Wilayah Papua Barat. Peserta yang mengikuti secara online yaiitu BAPPEDA, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan dan ASISI lingkup Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC (Carolina Patricia Kanuna, S.Hut) yang kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Rony Gerrits, ST (Staff Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua). Selanjutnya, Novly Laisina, S.Hut (ketua pelaksana kegiatan) melaporkan kinerja panitia mengenai kegiatan tersebut. Berikutnya sambutan oleh Prianto, S.Hut, M.Si (Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua), dan Ibu Ir. Emma Rahmawaty (Direktur Mitigasi Perubahan Iklim) yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Pada sesi pertama, dilakukan pemaparan sebanyak dua materi. Materi pertama membahas tentang Kebijakan dan Perkembangan Program Perlindungan Lapisan Ozon oleh Ir. Emma Rachmawaty, M.Sc dan dimoderatori oleh Ir. Zulhasni, M.Sc (Kasubdit Pengendalian BPO-Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim). Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Dinas Lingkngan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Haerul Arifin, S.Hut, M.Si (Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan) mengenai Kebijakan Provinsi Papua Barat dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Pemaparan ini dimoderatori oleh Vemmy J. Wyzer, S.Hut (Kepala Seksi Perubahan Iklim Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua).

Pada sesi kedua, pemaparan materi mengenai “Penerapan KKNI No. 73 tahun 2019 untuk Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara” disampaikan oleh Dian S.R Kusumastuti, S.Hut (Kepala Pusrembang SDM LHK). Pemaparan ini dimoderatori oleh Ir. Zulhasni, M.Sc.

Setelah pemaparan materi selesai, kegiatan workshop ditutup secara resmi oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua (Prianto, S.Hut., M.Si). Beliau menyampaikan bahwa besar harapan agar tindak lanjut mengenai hasil pemaparan materi maupun diskusi pada kegiatan ini, serta meningkatkan koordinasi antara pusat dan UPT di daerah, Dinas-Dinas terkait serta ASISI dan APITU lingkup Maluku Papua. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama baik secara offline maupun online.

Sumber: Andis, S.Hut, Affandi Sanusi Sauri,S.Hut dan Sally Gratia Talane, S.Hut

(Humas_BPPIKHL-MAP)

DOKUMENTASI KEGIATAN

12112020papua0101

Gambar.1. Laporan Ketua Panitia                        

12112020papua0102

Gambar.2. Sambutan Direktur Mitigasi Perubahan Iklim

12112020papua0103

Gambar. 3. Sambutan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua  

12112020papua0104

Gambar.4. Pemaparan Materi 1

12112020papua0105

Gambar.5. Pemaparan Materi 2                                   

 12112020papua0106

 Gambar. 6. Pemaparan Materi 3

12112020papua0107 12112020papua0108

Gambar.7. Pentupan dan Foto Bersama

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT