Pengendalian Karhutla Masyarakat Berkesadaran Hukum Tingkat Tapak di Optimalkan

 Rengat - Dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat berpartisipasi aktif mengendalikan kebakaran hutan dan lahan oleh masyarakat berkesadaran hukum (paralegal). Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera bertugas melaksanakan operasi lapangan. Selasa (27/10/2020)

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan peran dan kapasitas SDM dalam mendampingi masyarakat dalam aspek hukum, khususnya yang berkaitan dengan upaya pengendalian karhutla.

Terkait kegiatan tersebut Balai PPI Wilayah Sumatera KLHK menyambangi dua lokasi yang rawan kebakaran hutan dan lahan yakni, Desa Pulau Gelang Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu dan Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

"Pola Kerja Masyarakat Peduli Api-Paralegal merupakan bagian penting tingkat tapak dengan konsep berkesadaran hukum masyarakat dengan didukung pendampingan dalam sistem satgas terpadu yang terdiri dari Manggala Agni KLHK, TNI, POLRI, BPBD, perangakat desa, LSM," ungkap Kadaops Sumatera VII Rengat Firza Causar, S.Hut.

Firza menambahkan, sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2019, arahan Presiden untuk mengoptimalkan pencegahan, penindakan hukum, penanganan di lapangan dan sebagainya dikoordinasikan oleh Menko Polhukam.

"Adanya Tim Masyakarat berkesadaran hukum MPA-paralegal diharapkan dapat menekan menekan terjadinya karhutla demi langit biru bebas asap," tutup Kadaops Sumatera VII Rengat Firza Causar,S.Hut. (Humas Daops Manggala Agni Sumatera VII).

11112020sum0501

11112020sum0502

11112020sum0503

11112020sum0504

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT