SOSIALISASI RENCANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI MANGGALA AGNI

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Road Map Rencana dan Pengembangan SDM Non Aparatur Manggala Agni di Palembang (16/10). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung penyelenggaraan Renstra KLHK tahun 2020-2024 yaitu terselenggaranya tata kelola dan inovasi pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang baik serta kompetensi sumber daya manusia lingkungan hidup dan kehutanan yang berdaya saing.

16102020pkhl0401

Kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.46/Menlhk/Setjen/Kum.1/7/2017 tentang Pedoman Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kepala Sub Direktorat Tenaga dan Sarana Prasarana, Mujiastuti mengungkapkan kompetensi personil Manggala Agni memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja Daops. Hal ini dikarenakan kompetensi berjalan beriringan dengan perkembangan Daops untuk mewujudkan visi dan misinya.

“Semakin tinggi kompetensi personil yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pula efektifitas kinerja pengendalian kebakaran hutan dan lahan di lapangan,” ungkap Mujiastuti.

Mujiastuti menambahkan kegiatan ini akan membantu Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim untuk mengetahui pada tingkat apa Manggala Agni dapat memberikan kontribusi sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan, Ferdian Krisnanto juga mengharapkan anggotanya untuk dapat meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan organisasi kedepannya.

16102020pkhl0402

“Manggala Agni juga harus saling berbagi ilmu sesama anggota, agar kompetensi yang dimiliki bisa terus berkembang,”ungkap Ferdian.

Tahapan penyusunan Road Map Rencana dan Pengembangan SDM Non Aparatur Manggala Agni, dengan tahapan penyusunan instrumen pengukuran kompetensi berupa kuesioner online melalui google form, pengukuran kompetensi SDM Non Aparatur Manggala Agni/pengisian kuesioner dengan metode sampling terhadap 20% dari seluruh populasi MA, analisa hasil dan penyusunan rekomendasi perencanaan pengembangan SDM Non Aparatur Manggala Agni, dan terakhir menyusunan peta jalan/road map rencana pengembangan SDM Non Aparatur Manggala Agni untuk 5 tahun ke depan yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.

Dalam kegiatan penyusunan road map ini melibatkan tenaga ahli/pakar perencanaan dan pengembangan SDM LHK yaitu Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut, M.Si. dan Dr. Ir. Iwan Setiawan, M. Sc. (Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Evaluasi SDM Non Aparatur Pusrenbang SDM LHK BP2SDM).

16102020pkhl0403

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT