GANDENG BALAI PPI DAN KARHULTA WILAYAH SULAWESI, PT. THA GROUP REGION MOROWALI GELAR BIMBINGAN TEKNIS DALKARHUTLA

 

         

13102020sul0301Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla (Balai PPI dan Karhutla) Wilayah Sulawesi memberikan bimbingan teknis bagi satgas dalkarhutla di PT. Tsani Hutania Abadi (THA) Group Region Morowali. PT. Tsani Hutania Abadi (THA) Group Region Morowali berada di bawah manajemen PT. Sinarmas juga mengundang PT. Timurjaya Indomakmur, PT. Nusamas Griya Lestari, PT. Kirana Sinar Gemilang dan Masyarakat Peduli Api di sekitar wilayah kerja perusahaan.

Bimbingan teknis disesuaikan dengan keadaan Normal Baru, peserta harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan juga menjaga jarak selama kegiatan berlangsung. Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah dalam memerangi penyebaran virus Covid-19 yang semakin masif.

Kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 24 September 2020 membagi peserta menjadi 2 (dua) gelombang. Gelombang I dilaksanakan di Korola Estate diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari PT. Timurjaya Indomakmur, PT. Nusamas Griya Lestari dan perwakilan desa sekitar Mori Atas dan Mori Utara. Sedangkan pada gelombang II diselenggarakan di Balai Pertemuan Desa Lembo yang diikuti oleh 30 orang peserta dari PT. Kirana Sinar Gemilang dan masyarakat sekitar Desa Lembo.

         

Turut hadir Kapolsek Mori Atas, Kapolsek Lembo, Camat Mori Atas, Camat Lembo Raya, Danramil Mori Atas, Danramil Lembo, KPH Tepe Asa Aroa Morowali Utara, perwakilan PT. THA Group Region Morowali dan perwakilan desa sekitar pada kegiatan bimbingan teknis kali ini.

13102020sul0302

          Pada kesempatan ini Kapolsek Mori Atas menyampaikan bahwa kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama dan multisektoral.

“Jika boleh saya memberikan saran dan jika memungkinkan, ada baiknya apabila pihak perusahaan memasang baliho yang berisi tentang jeratan hukum bagi siapa saja yang melakukan pembakaran hutan dan lahan. Dan jangan lupa cantumkan perundang-undangannya”, pungkasnya.

Dalam sambutannya pula Camat Lembo Raya menerangkan bahwa Kabupaten Morowali setiap tahun selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan. Dan sebagian besar diakibatkan karena aktivitas pembukaan lahan oleh masyarakat maupun perusahaan. Pihaknya berterimakasih kepada PT. THA Group Region Morowali yang telah melakukan kegiatan bimbingan teknis pengendalian karhutla, sehingga apabila terjadi kejadian karhutla, sudah ada tim satgas yang dapat melakukan pemadaman dini.

          Narasumber yang mumpuni berasal dari Kepala Manggala Agni Daops Sulawesi II, Anggota Manggala Agni Daops Sulawesi II dan staf Balai PPI dan Karhutla Wilayah Sulawesi. Selain dalam rangka peningkatan kapasitas tim satgas dalkarhutla PT. THA Group Region Morowali, kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk sinergitas pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat tapak khususnya di wilayah Sulawesi.

          Peserta dibekali dengan teori dasar tentang kelembagaan pengendalian karhutla, pengenalan dasar pengendalian karhutla, teknik pemadaman karhutla, penyusunan laporan kejadian karhutla dan juga praktik pemadaman karhutla. Peserta dibagi ke dalam regu kecil untuk memudahkan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di lapangan.

Pengendalian kebakaran hutan dan lahan di masa pandemi akan terasa jauh lebih berat, namun dengan uluran tangan dari berbagai pihak, kita akan semakin kuat. Namun antusiasme peserta yang luar biasa menambah semangat bagi semua pihak untuk bersama-sama, bahu membahu menjaga langit Sulawesi untuk tetap biru. Dari Sulawesi, untuk Ibu Pertiwi.

Kartika Puspitasari – Tim Dokumentasi BPPIKHL Wilayah Sulawesi

Tambahan Dokumentasi :

13102020sul0303

 

13102020sul0304

 

13102020sul0305

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT