Latih Respon Cepat Pemadaman, Manggala Agni Sulawesi Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Brigdalkarhut

Manggala Agni Daops Sulawesi I Gowa melatih respon cepat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Polisi, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah II Makassar, hingga pejabat kecamatan dalam pelaksanaan deteksi dini hingga pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Selain pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), unsur pengendalian karhutla yang juga penting yaitu membangun sinergitas dan meningkatkan koordinasi dalam upaya penanggulangan karhutla. Untuk imembangun itu, Manggala Agni Daops Sulawesi I berinisiatif untuk menggelar simulasi mobilisasi pemadaman karhutla. Simulasi ini berfokus pada pembekalan dan peningkatan keterampilan teknis bagi pihak terkait mengenai deteksi dini karhutla hingga teknis mobilisasi pemadaman karhutla.

Acara yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 8 Oktober 2020 di Kantor Manggala Agni Daops Sulawesi I, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta. Peserta terdiri dari Camat Moncongloe, Polsek Moncongloe, MPA Bilalang dan MPA Manuju, dan KPH Jeneberang I. Acara dibuka langsung oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi, Ir. I MGS Rimbawan, M.Si bersama Kepala Polsek Moncongloe Ibtu Kasmawati, S.Sos., M.H. Dalam sambutannya, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi menyampaikan ajakan bagi para pihak untuk menyatukan visi dalam upaya pengendalian karhutla sesuai arahan Presiden Republik Indonesia.

“Seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dala rapat – rapat koordinasi karhutla, mari kita bersama merapatkan barisan dan menyatukan visi dalam upaya pengendalian karhutla” kata Rimbawan dalam sambutannya.

Simulasi mobilisasi akan dibagi pelaksanaannya ke dalam dua agenda. Yang pertama adalah pemberian materi teori tentang Kebijakan dan Kelembagaan dalam Pengendalian Karhutla (dalkarhutla), Sistem Peringatan dan Deteksi Dini Karhutla, Peranan POLRI dan TNI dalam upaya dalkarhutla. Yang kedua, peserta akan diberikan praktik Pengenalan Peralatan, Simulasi Deteksi Dini dan Mobilisasi Pemadaman Karhutla di mana peserta akan dibagi ke dalam 5 kelompok untuk melatih secara intensif respon cepat dari deteksi dini hingga pemadaman karhutla. Setelah terlaksananya kegiatan ini diharapkan agar kebakaran hutan dan lahan dapat semakin ditekan dan sinergitas dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan antara Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi dan pihak terkait dapat meningkat .

Fridollyn Hendriyani Suardi, S.Hut / Tim Publikasi Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi

Dokumentasi Pelaksanaan Simulasi Mobilisasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

13102020sul0201

 

13102020sul0202

13102020sul0203

13102020sul0204

13102020sul0205

13102020sul0206

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT