Pembinaan Manggala Agni, Upaya Peningkatan Kapasitas Personil dalam Kesiapsiagaan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Tanggal 8 – 9 September 2020 kemarin, bertempat di Hotel Mercure Tateli Manado, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sulawesi (Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi) memberikan bimbingan teknis kesiapsigaaan anggota pengendalian kebakaran hutan dan lahan (dalkarhutla) kepada Manggala Agni Daops Sulawesi IV, Kabupaten Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

Bimbingan teknis kesiapsiagaan dalkarhutla dirancang khusus untuk Manggala Agni sebagai bagian vital dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Bimbingan teknis ini merupakan sarana yang diharapkan mampu meningkatkan kapasitas Manggala Agni untuk menjamin kinerja ke depannya. Sejumlah 30 orang anggota Manggala Agni Daops Sulawesi IV bersama Kepala Daops Manggala Agni Sulawesi IV, Toyib H Hambali Mokoagow, SH. hadir dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Acara pembinaan yang dibuka oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi turut dihadiri juga oleh Kepala Seksi Program dan Evaluasi Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi. Dalam pembukaannya, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi, Ir. I MGS Rimbawan, M.Si menekankan pentingnya pencegahan melalui sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di masyarakat. Selain itu, selama proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan, kerjasama tim adalah bagian paling penting dalam upaya menjaga keselamatan setiap anggota.

“Penting untuk membangun upaya pencegahan melalui bahu membahu bekerjasama dengan semua pihak dalam mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. Dan jika terjadi kebakaran hutan dan laha, kerjasama tim itu penting. Karena melalui itu, setiap anggota akan saling memperhatikan satu sama lain, sehingga kemungkinan – kemungkinan buruk akan ditekan dengan sendirinya” ujar Rimbawan.

Meskipun bentuk kegiatan adalah bimbingan teknis, unsur kenyamanan dan kesenangan juga tidak diabaikan agar setiap anggota Manggala Agni dapat menikmati setiap proses bimbingan teknis.

Penulis : Fridollyn Hendriyani Suardi, S.Hut / Tim Publikasi Balai PPIKHL Wilayah Sualwesi

Dokumentasi Pelaksanaan Bimbingan Teknis

16092020sul0301

16092020sul0302

16092020sul0303

 

16092020sul0304

 

16092020sul0305


Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT