• Beranda
  • Berita
  • MEMASUKI MUSIM KEMARAU ANGGOTA MANGGALA AGNI PONDOK KERJA TAPIN DAOPS KALIMANTAN VI TANAH LAUT AKTIF MELAKUKAN PENGECEKAN (GROUNDCHECK) TITIK PANAS (HOTSPOT)

MEMASUKI MUSIM KEMARAU ANGGOTA MANGGALA AGNI PONDOK KERJA TAPIN DAOPS KALIMANTAN VI TANAH LAUT AKTIF MELAKUKAN PENGECEKAN (GROUNDCHECK) TITIK PANAS (HOTSPOT)

13092020kal0301

 

Anggota Manggala Agni Pondok Kerja Tapin Saat Tiba di Lokasi Titik Panas

Pelaihari_Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan. Memasuki musim kemarau Anggota Manggala Agni Pondok Kerja Tapin aktif melakukan pengecekan (groundcheck ) titik panas (hotspot) yang meningkat jumlahnya di Bulan Agustus 2020, Kamis (10/09/2020).

Tercatat dalam satu bulan dari awal Agustus tahun 2020 sampai dengan 10 September 2020 Manggala Agni Pondok Kerja Tapin tercatat telah dilaksanakan 11 kali pengecekan titik panas, angka ini cukup tinggi jika dibandingka periode bulan Maret s.d awal Agustus 2020 yang rata-rata terjadi 0 s.d 2 titik panas dalam satu bulan.

Pengecekan lapangan titik panas dilakukan pada titik panas tingkat kepercayaan menengah (medium) sampai dengan tinggi (high) dimana sebagian besar terjadi pada lahan tidak produktif.

Kabupaten Tapin termasuk kabupaten yang rawan kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dari 12 (dua belas ) kecamatan di Kabupaten Tapin, terdapat 4 (empat) kecamatan yang tercatat paling rawan terhadap kejadian karhutla, yaitu Kecamatan Tapin Tengah, Bakarang, Candi Laras Utara dan Candi Laras Selatan.

Menurut Hanhan, Anggota Manggala Agni Daops Kalimantan VI / Tanah Laut yang bertugas di Pondok Kerja Tapin, Titik panas di Kabupaten Tapin sering terjadi di Kecamatan. Tapin Tengah, Bakarang, Candi Laras Selatan hingga Candi Laras Utara dan beberapa di Kec. Lokpaikat.

Hanhan juga menjelaskan bahwa kesulitan di lapangan seperti kesulitan mencari akses jalan, jalan terputus sungai, perjalanan harus menggunakan perahu atau kelotok dan bahkan kemalaman di lapangan tidak menyurutkan anggota untuk melakukan pengecekan lapangan.

“Kami harus memastikan kondisi titik panas tersebut, kami usahakan tiba di titik panas tersebut, jikaakses dapat dilalui, maka kami lakukan pemadaman dini sambil menunggu tim pemadam dari pondok kerja. "ujar Hanhan.

13092020kal0302

Pengecekan lapangan terhadap titik panas sendiri menurut Dody Ronald Hutapea, Kepala Daops Kalimantan VI/Tanah Laut, merupakan bentuk deteksi dini terjadinya karhutla.

Ketika terdapat titik panas, tim Manggala Agni langsung mengecek ke lokasi tersebut untuk memastikan kejadian karhutla, mengecek situasi api dan melakukan tindakan pemadaman awal sembari menunggu tim pemadaman datang” ungkap Dody.

Informasi titik panas biasanya di dapat dari tim patroli udara serta website sipongi (www.sipongi.menlhk.go.id) atau LAPAN. Setelah mendapatkan informasi, Tim pengecekan lapangan akan melakukan persiapan ke lapangan dan Koordinasi dengan pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia dan Masyarakat Peduli Api.

Apabila pada saat tim tiba lokasi dalam kondisi masih terbakar, Tim akan melakukan Pemadaman Dini dan menghubungi Tim Pemadam di Pondok Kerja. Untuk lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh Tim Darat pada tahun 2020 ini dilakukan pemadaman udara melaui water bombing.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Tahun 2020/ Daops Kalimantan VI Tanah Laut)

Tags: Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT