KOORDINASI SEBAGAI UPAYA SINERGITAS PROGRAM PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI WILAYAH KERJA

Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua

KOORDINASI SEBAGAI UPAYA SINERGITAS PROGRAM PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI WILAYAH KERJA

     31 Agustus – 06 September 2020

Program yang dilakukan tidak akan mencapai hasil yang optimal tanpa adanya partisipasi dari stakeholders. Oleh karena itu peranan koordinasi sangat penting sebagai upaya untuk membangun komunikasi serta mendapatkan dukungan dari stakeholders agar program dapat berjalan dengan optimal.

13092020mapua0101Bertempat di Gurih Resto Jl. Wolter Monginsidi Ambon pada tanggal 31 Agustus 2020. Kegiatan rapat koordinasi terkait pemanfaatan pengelolaan peredaran TSL bersama stakeholders ini telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi terkait pemanfaatan pengelolaan peredaran TSL bersama stakeholders yang diselenggarakan oleh Balai KSDA Maluku dihadiri Seditjen KSDAE (diwakili Kepala BKSDA Bali), Kepala UPT KLHK Provinsi Maluku, Kepala BBKSDA Papua, Kepala BPPIKHL Wilayah Maluku Papua Prianto, S.Hut.,M.Si , Kepala TN. Aketajawe Lolobata, serta pejabat dan staf BKSDA Maluku. Hal penting hasil kegiatan rapat koordinasi terkait pemanfaatan pengelolaan peredaran TSL bersama stakeholders di Ambon, adalah pada prinsipnya semua stakeholders sepakat untuk meningkatkan pengawasan peredaran TSL di wilayah kerja dan kewenangan masing-masing, meningkatkan kerjasama dalam penanganan TSL sitaan yg bukan endemic Maluku, misalnya TSL asli Papua yang ditemukan di Maluku, selain itu juga berlaku bagi TSL asli Maluku atau Papua yang disita di luar wilayah perlu segera diintroduksi kembali ke habitat aslinya, serta pengembangan fasilitas Sanctuary dimasing-masing UPT KSDAE, dalam mendukung pengawetan TSL. Pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan memegang peranan yang penting dalam kelestarian TSL baik melalui kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim maupun perlindungan habitat TSL dari karhutla.

13092020mapua0102Selanjutnya pada tanggal 2 September 2020, dilanjutkan dengan koordinasi di Kantor P3E Sulawesi Maluku dengan agenda dukungan P3E Sulawesi Maluku dalam memfasilitasi koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan stakeholders terkait di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara dengan tutur serta menyampaikan laporan harian kejadian karhutla di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara kepada Sekjen KLHK.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan koordinasi di Kantor Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua pada 3 September 2020. Kepala BPPIKHL Wilayah Maluku Papua didampingi Kepala Balai Besar KSDA Papua (Bpk. Edward Sembiring, S.Hut.,M.Si) selaku Koordinator Wilayah UPT KLHK Provinsi Papua beserta Kepala Bidang Teknis KSDA dan Kepala Bidang KSDA Wilayah II Nabire, sedangkan Kepala Dinas KLH Provinsi Papua didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan Hutan, Kepala Bidang serta staf/pejabat yang menangani Program Kampung Iklim. Koordinasi ini bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan bidang pengendalian perubahan iklim khususnya Program Kampung Iklim (Proklim) dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Papua.

4 September 2020, kegiatan koordinasi dilaksanakan di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah (SATPOL PP 13092020mapua0103DAN PBD) Provinsi Papua. Dalam pertemuan ini, Kepala SATPOL PP DAN PBD Provinsi Papua diwakili salah satu Kepala Bidangnya yaitu Bapak Rumbino, sedangkan Kepala BPPIKHL Wilayah Maluku Papua didampingi Kepala Bidang Teknis KSDA Balai Besar KSDA Papua selaku Koordinator Wilayah UPT KLHK Provinsi Papua, Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan dan Kepala Seksi Perubahan Iklim Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua, serta Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas KLH Provinsi Papua serta staf/pejabat yang menangani kebakaran hutan dan lahan dengan tujuan untuk mensinergikan program dan mendorong terbentuknya Satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Papua.

4 – 5 September 2020, koordinasi kembali dilakukan di Kantor Balai Besar KSDA Papua. Dalam pertemuan ini, Balai Besar KSDA Papua didampingi Kepala Bidang Teknis KSDA, sedangkan Kepala BPPIKHL Wilayah Maluku Papua didampingi Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan dan Kepala Seksi Perubahan Iklim. Dalam pertemuan ini, BBKSDA Papua siap bersinergi dengan Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua dalam program pengendalian perubahan iklim khususnya Program Kampung Iklim (Proklim) dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Papua khususnya di dalam maupun daerah penyangga Kawasan konservasi.

13092020mapua0104

 

13092020mapua0105

 

 

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT