Peringatan Satu Tahun Gugurnya Pahlawan Langit Biru

 

sum20agt11

Batang Hari – Manggala Agni Daerah Operasi Sumatera X/Muara Bulian memperingati satu tahun gugurnya Pahlawan Langit Biru, Asmara Bin Rifa’I, Senin 24 Agustus 2020. Peringatan ini dilaksanakan di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi.

Setahun silam di tempat ini lah, Asmara, salah satu anggota terbaik Manggala Agni gugur tatkala melaksanakan pemadaman kebakaran hutan. Acara ini dilakukan dalam bentuk upacara penghormatan atas jasa-jasa dan dedikasi almarhum yang telah dilakukannya sebagai anggota Manggala Agni sejak tahun 2003.

Upacara dihadiri oleh seluruh anggota Manggala Agni Sumatera X, anggota Pamhut Tahura Sultan Thaha Syaifuddin, dan perwakilan Saka Wana Bakti Kab. Batang Hari serta diliput oleh salah satu media televisi nasional. Acara berlangsung hikmat dipimpin langsung oleh Kepala Daops Mangala Agni Sumatera X, Rinaldi ,S.P.

Monumen dibuat tepat berada di tempat beliau tertimpa batang pohon rapuh yang telah terbakar, disisi jalan. Hal tersebut untuk mengenang bahwa ditempat ini lah, pahlawan langit biru gugur dengan segenap usahanya menjaga langit biru bebas asap.

sum20agt12

(Tulisan pada monumen)

Pada sambutannya Rinaldi mengungkapkan bahwa, kepergian Asmara bukanlah momen untuk terus mengingat kesedihan, namun menjadikan kepergiannya sebagai motivasi dan penyemangat untuk selalu meneruskan perjuangan beliau yang tak kenal lelah senantiasa menjaga langit tetap biru. Keteladanan dan dediakasi beliau harus ditiru dan dilanjutkan oleh setiap orang dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

sum20agt13

(Peresmian Monumen)

Tidak sampai disitu, Rinaldi juga mengigatkan bahwa menjaga kesehatan dan keselamatan kerja adalah yang utama. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembukan kain secara simbolis sebagai bentuk peresmian Monumen Pahlawan Langit Biru.

sum20agt14

(Foto bersama Manggala Agni, perwakilan Pamhut Tahura, dan keluarga almarhum Asmara)

Upacara ini merupakan serangkaian kegiatan yang telah didahului dengan doa bersama pada malam sebelumnya. Peringatan dilanjutkan dengan doa dan ziarah makam bersama seluruh anggota dan keluarga almarhum.(Deki/DMAS X/BPPIKHL Sum).

sum20agt15

(Ziarah makam)

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT