PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KARHUTLA ERA NEW NORMAL ALA MANGGALA AGNI DAERAH OPERASI KALIMANTAN III/PANGKALAN BUN

 

kalomen20jun11

Pelepasan Tim Patroli Terpadu Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun

BPPIKHL Wilayah Kalimantan-PangkalanBun - "Tujuan dari Patroli Terpadu ini untuk mendeteksi sedini mungkin kejadian Karhutla, sehingga kita dapat meminimalisir potensi terjadinya Karhutla dan membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat, yang mana masker kain ini adalah hasil dari olahan tangan Manggala Agni Daops Kalimantan III/PangkalanBun", tutur Naoval Aqly Koordinator Pencegahan Manggala Agni Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun, Senin (22/06/2020).

Dalam Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla kali ini bukan hanya membawa misi pencegahan Karhutla, namun juga sosialisasi dan edukasi secara langsung kepada masyarakat untuk turut serta menghalau dan memutus penyebaran mata rantai dari virus covid-19 yang saat ini melanda.

"Patroli Pencegahan saat ini bukan hanya isu Karhutla saja yang kami sampaikan, namun juga langkah dan antisipasi edukasi kepada masyarakat untuk memutus Penyebaran Covid-19, dan tentunya tim yang berada di lapangan juga harus mengikuti anjuran protokol kesehatan", ujar Naoval.

kalomen20jun12

Pengecekan Kesehatan Anggota Tim Sebelum Bertugas

Di era New Normal, setiap anggota tim Patroli Terpadu harus menjalani cek kesehatan sebelum melaksanakan tugas, menggunakan masker dan sarung tangan serta menjaga jarak saat sosialisasi kepada masyarakat. Dalam upaya menjaga kesehatan, setiap anggota tim juga dibekali dengan asupan penambah daya tahan tubuh.

Setiap harinya Tim Patroli Terpadu yang terdiri dari anggota Manggala Agni bersama TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) akan berpatroli di Desa Sasaran dan jangkauan, melakukan inventarisasi dan pengecekan lapangan, serta memetakan baik fisik maupun permasalahan dalam bidang pengendalian Karhutla yang ada di desa.

kalomen20jun13

Tim Patroli Terpadu di Lapangan

"Selama satu Bulan Tim Patroli Terpadu akan berpatroli di 7 Desa Sasaran dan 14 Desa jangkauan yang berbeda di 5 Kabupaten wilayah kerja Manggala Agni Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun, terhitung dari 22 Juni - 21 Juli 2020", Tutur Binsar Oktavianus Togatorop, Kepala Daops Manggala Agni Kalimantan III/Pangkalan Bun.

Meski saat ini prakiraan cuaca mengatakan curah hujan yang turun relatif normal dan puncak kemarau berada pada bulan Juli-Agustus,namun potensi kejadiankarhutla masih mungkin terjadi di wilayah Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya, ujar Binsar, saat apel launching Patroli Terpadu di halaman Markas Manggala Agni Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun.

Menurut Tri Setiawan, Plt. Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Provinsi Kalimantan Tengah menjadi provinsi pertama yang melaksanakan Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla tahun 2020 yang dilaksanakan mulai tanggal 22 Juni 2020, sedangkan pelaksanaan Patroli terpadu untuk Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara akan mulai dilaksanakan pada Bulan Juli 2020.

Ditemui pada kesempatan terpisah, Johny Santoso, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi.

Dalam upaya terpadu dimaksud juga dilaksanakan kegiatan dukungan sosialisasi antisipasi penyebaran Covid 19.

(Tim Humas Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Kalimantan 2020/ Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT