• Beranda
  • Berita
  • Partisipasi dalam Penyemprotan Disinfektan Massal di Kabupaten Gowa, Kepala Daops Manggala Agni Gowa “..Kami berharap dapat membantu masyarakat Kab. Gowa agar perkembangan wabah Covid-19 di Kab. Gowa dapat ditekan”

Partisipasi dalam Penyemprotan Disinfektan Massal di Kabupaten Gowa, Kepala Daops Manggala Agni Gowa “..Kami berharap dapat membantu masyarakat Kab. Gowa agar perkembangan wabah Covid-19 di Kab. Gowa dapat ditekan”

 

Partisipasi dalam Penyemprotan Disinfektan Massal di Kabupaten Gowa, Kepala Daops Manggala Agni Gowa “..Kami berharap dapat membantu masyarakat Kab. Gowa agar perkembangan wabah Covid-19 di Kab. Gowa dapat ditekan

Gowa, 1 April 2020

Wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Covid-19 semakin meresahkan masyarakat. Sejak ditetapkannya status Tanggap Darurat Bencana terhadap Covid-19 di Indonesia, seluruh elemen pemerintah melakukan berbagai langkah solutif penanganan Covid-19, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah, sebagai Kepala Gugus Penanganan Covid-19, KLHK melalui Daerah Operasional (Daops) Manggala Agni Gowa berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini didasari kekhawatiran bahwa jumlah pasien teridentifikasi positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Gowa kian bertambah. Untuk itu, diperlukan tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara massal untuk memutus mata rantai penyebarannya di Kabupaten Gowa. Salah satu caranya dengan melakukan penyemprotan disinfektan serentak di Kabupaten Gowa, seperti yang telah dilakukan Hari Rabu (1/4) kemarin.

Penyemprotan disinfektan di Kabupaten Gowa selain diikuti oleh Manggala Agni, diikuti juga oleh BPBD, Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa, TNI, Polri, Satpol PP, Unsur Tripika, Pramuka, Organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Kabupaten Gowa. Kegiatan yang langsung dibuka dan dipimpin oleh Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ihsan ini difokuskan pada kluster-kluster prioritas, yakni pusat pemerintahan Kabupaten Gowa dan wilayah yang memiliki sebaran suspect (ODP/PDP) Covid-19.

  

  sulaapril2011

Dalam kegiatan ini, Kepala Daops Manggala Agni Gowa menurunkan personil sebanyak 30 personil (2 regu) dan peralatan penunjang, seperti Mobil Tank 5000Liter, Mobil Slip on 500 Liter, dan Jetshooter sebanyak 30 Set untuk mendukung acara tersebut. Dukungan personil tersebut kemudian dibagi kedalam dua tim, untuk masing – masing ditempatkanpada Ibukota Kabupaten Gowa dan Kecamatan Parangloe. Penyemprotan difokuskan pada tingkat fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos), sepertijalan utama, fasilitas perkantoran, sekolah, rumah ibadah, pasar, hingga perumahan.

"Kami telah mulai sejak awal melakukan usaha pemutusan rantai penyebaran virus corona [covid 19] bermula dari lingkungan kantor Manggala Agni Daops Gowa. Kami melakukan sterilisasi kepada anggota Manggala Agni, dan juga kami terapkan kepada setiap kunjungan dilingkungan kantor dengan penyemprotan disinfektan. Dan dengan adanya aksi penyemprotan serentak ini kami berharap dapat membantu masyarakat Kab. Gowa agar perkembangan wabah Covid-19 di Kab. Gowa dapat ditekanujar Ishak Andi Kunna, Kepala Daops Manggala Agni Gowa yang ditemui di sela-sela pembukaan kegiatan Hari Rabu (1/4).

Ishak Andi Kunna juga menyatakan kesiapan Manggala Agni Daops Gowa untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam kegiatan kemanusiaan, seperti upaya pencegahan virus Covid-19 ini. Selain itu, Kepala Daops Gowa juga memberikan edukasi kepada masyarakat di sela – sela kegiatan penyemprotan disinfektan agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menekan munculnya kasus-kasus positif Covid-19. bersama memutus penyebaran virus dengan tetap dirumah, dan jika dalam keadaan mendesak untuk keluar rumah agar dapat memerhatikan prosedur keamanan dan perlindungan diri.

Kami percaya bahwa Manggala Agni juga memiliki tanggung jawab di bidang kemanusiaan, seperti pencegahan wabah virus Covid-19 yang kita alami saat ini, karenanya, kami siap berpartisipasi jika diperlukan. Dukungan masyarakat dengan tetap berada di rumah atau jika mendesak harus keluar rumah merupakan bantuan untuk menekan munculnya kasus-kasus positif Covid-19 baru di Kabupaten Gowa ini” imbuhnya.

 

 sulaapril2012

 

 sulaapril2013

Penulis: A Syilviah FA, Manggala Agni Daops Gowa

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT