DAOPS KALIMANTAN XIII SANGKIMA SIAGA PENGENDALIAN KARHUTLA DITENGAH COVID-19

 

kalmaret2081

MA Daops Kalimantan XII Sangkima melakukan pemadaman malam

Kutai Timur - BPPIKHL KAL. Manggala Agni (MA) Daops Kalimantan XIII Sangkima - Provinsi Kalimantan Timur tetap rutin melaksanakan pengendalian karhutla ditengah wabah virus Corona COVID-19.

Memasuki Bulan Maret 2020 kejadian karhutla di Wilayah Kerja Daops Sangkima mengalami peningkatan dari bulan - bulan sebelumnya. Dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 23 Maret 2020 terhitung telah terjadi 5 kali karhutla, terjadi peningkatan dibandingkan bulan Januari (tidak ada kejadian karhutla) dan Februari 2020 (tiga kali kejadian karhutla).

"Kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja MA Daops Sangkima terhitung meningkat melihat pada bulan Januari tidak terdapat kejadian kebakaran kemudian pada bulan Februari akhir terjadi 3 kali kejadian kebakaran hutan dan lahan dan pada bulan maret ini telah terjadi sebanyak 5 kali terhitung kebakaran tersebut diatas" tutur Dewi Ristiana Sari , Manggala Agni Daops Kalimantan XII Sangkima yang menangani informasi dan patroli, Sabtu (20/03/2020) .

Pada tanggal 19 Maret 2020 kembali terjadi karhutla di wilayah Daops Kalimantan XIII tepatnya di Telaga Bening Desa Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur sekitar pukul 17.00 WITA. Kejadian karhutla ini ditemukan oleh Tim Patroli Mandiri yang kemudian melaporkan kepada Markas Daops Kalimantan XIII Sangkima, yang segera direspon oleh Anggota MA Daops Kalimantan XIII Sangkima. Api dapat dipadamkan sepenuhnya pada pukul 19.38 WITA.

  kalmaret2082

MA Daops Kalimantan XII Sangkima melakukan pemadaman malam

Menindaklanjuti edaran lingkup Kementerian LHK, maka Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Kalimantan terhitung minggu ke - 3 bulan Maret telah melakukan pengaturan jam kerja di kantor, baik untuk Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) maupun MA.

Pengaturan jadwal jadwal kerja di kantor untuk PNS dan PPNPM diatur langsung oleh Kepala Balai, sedangkan jadwal piket MA diatur oleh Koordinator masing-masing Provinsi.

"Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan akan tetap menyelenggarakan kegiatan pengendalian karhutla di tengah kejadian luar biasa ini dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan setiap pegawai dan personil MA, untuk anggota MA dalam melaksanakan tugas kami himbau untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, selain itu anggota MA juga kami himbau untuk dalam setiap kegiatan di lapangan juga melakukan kampanye mencegah penyebaran COVID-19 ini” tutur, Johny Santoso, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, di Palangka Raya-Senin (23/03/2020).

(Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Tahun 2020/ Daops Kalimantan XIII/Sangkima)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT