Bimbingan Teknis Penggunaan Alat Keselamatan Diri

 

sumfeb2061

Bimbingan teknis alat keselamatan diri diadakan di markas Manggala Agni Daops Muara Bulian untuk seluruh anggota, Senin (27/01/2020). Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari pengadaan peralatan keselamatan berupa dua tabung gas oksigen kepada Daops Muara Bulian. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk melatih anggota Manggala Agni agar mampu menggunakan peralatan tersebut dengan baik dan benar.

Terdapat dua tenaga medis yang diundang khusus untuk memberikan pelatihan mengenai penggunaan alat tersebut sekaligus cara perawatannya. Tenaga kesehatan tersebut adalah satu orang dokter dan satu orang perawat dari Puskesmas Pasar Terusan, Kabupaten Batanghari.

sumfeb2062

(Penggunaan alat oleh dokter)

Tabung gas oksigen sangat dibutuhkan terutama saat adanya tindak pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Kondisi lapangan pada saat pemadaman sangat beragam dan sekaligus dapat mengancam keselamatan. Debu, udara pekat asap, suhu udara yang tinggi, dan kobaran api adalah beberapa hal yang selalu dihadapi anggota Manggala Agni dalam melaksanakan pemadaman. Tentunya hal tersebut membuat gangguan pernapasan akan sangat mudah terjadi.

 

Pun demikian, tabung gas tersebut juga bisa digunakan untuk memberikan pertolongan bagi warga pada saat yang sama terjadinya karhutla mengalami gangguan pernapasan.

Maka dari itu dengan adanya pengaadaan tabung gas oksigen dan bimbingan teknis dalam penggunanannya diharapkan anggota dapat memanfaatkannya sebaik mungkin demi menjaga kondisi tubuh tetap prima. (Daops MBL/Deki)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT