Jurnal Harian, Langkah Awal Menuju SKKNI Manggala Agni

 

sumfeb2051

Pengisian teknis kegiatan harian anggota Manggala Agni Daops Muara Bulian diperbaharui tahun 2020 ini. Selengkapnya dilaksanakan pada Bimbingan Teknis Pengisian Jurnal Harian pada selasa, (07/01/2020) di markas Manggala Agni Daerah Operasi Muara Bulian.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Sekretaris Daops, Deki Andika Purbaya, S. Hut. dan dihadiri oleh seluruh anggota yang berjumlah 30 orang.

Terdapat beberapa perbedaan pada jurnal harian yang telah diterapkan pada tahun lalu. Pada format jurnal tahun ini, Deki menjelaskan bahwa akan lebih detail dan dibuktikan dengan dokumentasi lengkap dan riil pada setiap kegiatan.

Setiap anggota dibekali dengan buku saku praktis yang dapat merekam setiap kegiatan setiap harinya. Pada seluruh anggota, Deki merincikan keterangan apa saja yang harus ada pada buku jurnal tersebut. Diantaranya keterangan 5 W +1 H (what, who, when, where, why dan how) harus ada melengkapi setiap jenis kegiatan. Ini yang sebelumnya kurang lengkap pada jurnal tahun lalu.

 

Dokumentasi juga menjadi bagian yang sangat vital. Tanpa adanya hal tersebut, segala macam keterangan pada jurnal akan kehilangan kekuatan keabsahannya. Setiap dokumentasi kegiatan harus disimpan secara pribadi dan pada PC kantor sebagai backup data.

Lebih jauh lagi format jurnal baru ini akan melatih anggota Manggala Agni untuk menghadapi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 47 Tahun 2017 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Sertifikasi Kompetensi Bidang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Format yang sudah dipaparkan akan mempermudah anggota untuk menyusun lembar laporan/portofolio yang akan menjadi salah satu aspek penilaian dan mempermudah dalam melacak jejak kegiatan riil setiap harinya.

“Kedepan tantangan bagi Manggala Agni akan semakin berat sehingga perlu latihan dan perilaku disiplin sejak jauh-jauh hari. Jurnal harian ini merupakan bukti nyata bahwa anggota Manggala Agni melakukan banyak kegiatan tidak hanya berkutat pada pemadaman dan patroli”, ungkap Deki. (Daops MBL/Deki)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT