Patroli Pencegahan Karhutla Di Musim Hujan

 

sumfeb2041

(Tim Patroli saat melakukan monitoring areal bekas terbakar)

Pertengahan Januari 2020 Kabupaten Batanghari masih kerap dilanda hujan, merata di seluruh wilayah kerja Daops Muara Bulian. Meski dalam keadaan hujan anggota Manggala Agni Daops Muara Bulian tetap melakukan Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Patroli Gahkarhutla ini dilaksanakan di Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari (22/01/2020).

sumfeb2042

(Sosialisasi kepada masyarakat)

Kondisi tanah mineral di Kabupaten Batanghari menyebabkan vegetasi kering sangat mudah terbakar dan tersebar dengan cepat meski hanya sedikit saja terkena percikan api jika lambat ditangani di musim kemarau. Maka dari itu penting dilakukan kegiatan patroli pencegahan karhutla di musim hujan sebagai tindakan antisipatif saat musim kemarau tiba.

Patroli ini merupakan bentuk dari Patroli Mandiri Daops diluar anggara DIPA, namun unsur yang ada didalamnya tidak terdapat perbedaan. Hanya saja tidak melibatkan instansi lain seperti TNI, Polri atau Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada pada Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla.

sumfeb2043

(Pengecekan sumber air)

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada patroli ini antara lain adalah sosialisasi dan pendekatan dengan masyarakat sekitar, monitoring areal bekas terbakar, pengecekan sumber air, koordinasi dengan pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Bajubang. Unsur Groundcheck Hotspot dan pemadaman tidak dilakukan karena tidak terdapat hotspot dan juga kebakaran. (Daops MBL/Deki)

(Koordinasi dengan Damkar Kec. Bajubang)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT