Kelompok Siswa Peduli Iklim di Kabupaten Batanghari

 

sumfeb2031

Sosialisasi kepada generasi muda terus dilakukan oleh Manggala Agni Daerah Operasi Muara Bulian. Pada pertemuan dengan tajuk “Sosialisasi Perubahan Iklim Secara Umum dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan”, siswa-siswi SMA Negeri 2 Batanghari mendapatkan banyak pengetahuan tentang perubahan iklim yang saat ini selalu menjadi perhatian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at, 24 Januari 2020 di SMA Negeri 2 Batanghari dan diikuti oleh 32 siswa.

Sekaligus menyampaikan berbagai hal terkait dengan perubahan iklim, siswa-siswi yang telah hadir tersebut dibentuk menjadi Kelompok Siswa Peduli Iklim (KSPI) pertama di Kabupaten Batanghari. Tujuan utama dari dibentuknya KSPI tersebut adalah untuk membentuk kader-kader dari generasi muda sebagai kepanjangan tangan kepada masyarakat dalam menyampaikan upaya pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan.

sumfeb2032

(Pembukaan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Batanghari)

Pada pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala dan Sekretaris Daops Muara Bulian, Rinaldi, S.P., dan Deki Andika Purbaya, S.Hut. Masing-masing menjadi pembicara dengan materi Perubahan Iklim Secara Umum dan Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim.

Pembentukan KSPI ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan, kegiatan pada hari tersebut, materi tentang Dalkarhutla, dan praktik lapangan yang langsung akan diadakan di markas Daops Muara Bulian.

sumfeb2033

(Penyampaian materi tentang Perubahan Iklim)

SMA Negeri 2 Batanghari akan dijadikan contoh bagi Kelompok Siswa Peduli Iklim di sekolah-sekolah lain yang di Kabupaten Batanghari. “Kelompok Siswa Peduli Iklim di SMAN 2 Batanghari ini memang kita jadikan sekolah percontohan pada tahun ini. Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan di sekolah-sekolah lain pada tahun berikutnya. Diharapkan siswa-siswa yang telah tergabung pada kelompok ini akan menjadi agen-agen muda di masyarakat”, terang Rinaldi. (Daops MBL/Deki).

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT