Siaga 3, Manggala Agni Lakukan Pemantauan Areal Bekas Terbakar

 

sumfeb2021

Kondisi musim penghujan seperti saat ini bukan berarti menjadi waktu bersantai bagi Manggala Agni. Pemantuan terdahap unsur-unsur penting pengandalian kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan. Salah satunya, monitoring areal bekas terbakar yang dilakukan oleh Manggala Agni Daerah Operasi Muara Bulian, Kamis (16/01/2020).

Monitoring ini bertujuan untuk memantau apakah ada perubahan keadaan lokasi ketika saat terjadi kebakaran dengan setelah pasca kebakaran. Selain itu agar tidak terjadi kebakaran lahan di lokasi yang sama. Pemantauan ini dilakukan di salah satu lahan warga, tepatnya di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari.

sumfeb2022

(Pengecekan kondisi vegetasi)

Kali ini tiga orang Anggota Manggala Agni Daops Muara Bulian menjadi petugas pada kegiatan tersebut. Monitoring dilakukan dengan cara mendatangi lokasi areal bekas terbakar dengan memastikan apakah dilokasi tersebut sudah ada perubahan kondisi/tidak.

Areal tersebut merupakan lahan bekas terbakar pada 21 Septermber 2019. Tak kurang dari 1,5 Ha lahan telah terbakar. Kondisi vegetasi saat ini masih sama atau tidak ada perubahan yang berarti. Bekas semak belukar yang ada di lahan kosong masih ada, belum ditanami, dan belum muncul perubahan vegetasi yang signifikan. Sedangkan pada lahan terbakar yang dulunya sudah di tanami sawit kondisinya hamper sama, hanya perubahan pada tinggi sawit. Mengingat sawit memiliki ketahan yang lebih tinggi dari tumbuhan lain saat adanya kebakaran. (Daops MBL/Deki).

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT