Uji Water Container Bombing Untuk Pengendalian Karhutla

 

Uji Water Container Bombing Untuk Pengendalian Karhutla

pkhljan2021

Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara (DislitbangAU) mengenalkan hasil risetnya dalam upaya penanganan kebakaraan hutan dan lahan di wilayah Indonesia melalui Uji Dinamis Water Container Bombing (WCB) di Elevated Heliport Lanud Suryadarma Kalijati, Jumat (17/1/2020) pagi.

Dalam simulasinya , dua pesawat jenis C-130 Herkules yang terbagi dalam dua run membawa puluhan bola air diatas ketinggian 500 feet AGL atau di atas permukaan tanah dengan menggunakan kecepatan 140 knots mampu memadamkan sejumlah spot api, dengan panjang 1.030 meter dan lebar 100 meter.

pkhljan2022

Raffles B. Panjaitan, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, menuturkan sejauh ini KLHL bersama seluruh stakeholder terus melakukan upaya bagaimana melakukan penanganan  kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Indonesia .

Teknisnya petugas membawa tempat air dalam bentuk  bola-bola yang berisi setiap bola 120 liter air  dengan berat 120 Kilogram. Sekali membawa  di pesawat Hercules sebanyak 76 bola-bola atau seberat 10 ton . Kemudian bola-bola air dijatuhkan di spot api dengan akurasi yang baik.

“Harapannya metode Water Container Bombing ini mampu bekerja secara efektif dalam membantu menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan,”pungkasnya.

pkhljan2023pkhljan2024

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT