Workshop Pengembangan Kapasitas Dalam Rangka Sharing Metodologi Penghitungan Emisi GRK di Jambi

 

sumjan2021

BPPIKHL Wil. Sum – Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kapasitas dalam rangka Sharing Metodologi Penghitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dilaksanakan di Hotel BW Luxury, Jambi, 3 – 6 Desember 2019.

sumjan2022Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel BW Luxury Jambi ini dihadiri oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang terdiri dari Direktorat IGRK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas, Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang, Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IV Jambi, KPHP Batanghari XI & XII, Bappeda Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Fakultas Kehutanan Universitas Jambi; NGO/LSM Lokal yaitu Zoological Society of London (ZSL) dan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi.

Turut hadir sebagai narasumber antara lain berasal dari Tim Individual Consultant Specialist kegiatan hibah BioCF-ISFL, Daemeter Consulting yang bergerak dalam menjembatani berbagai kepentingan terkait pengelolaan sumber daya alam terutama di negara-negara berkembang di Asia, Direktorat IPSDH Ditjen Planologi, Institut Pertanian Bogor, Universitas Jambi dan Universitas Lampung.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta mampu menganalisa perubahan tutupan lahan di Provinsi Jambi menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) serta mampu menghitung emisi GRK di Provinsi Jambi. Workshop tersebut merupakan lanjutan dari Workshop Identifikasi Pengembangan Kapasitas Perhitungan Emisi GRK. Pengumpulan data pengukuran cadangan karbon lapangan di Provinsi Jambi dijadikan sebagai bahan untuk penghitungan faktor emisi lokal (REL) dan penyusunan baseline sebagai tolok ukur pencapaian kinerja dalam penurunan emisi.sumjan2023

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Tata Hutan Endang Kurniadi menyampaikan harapan dari terlaksananya kegiatan ini. “Mudah-mudahan dengan adanya Workshop Pengembangan Kapasitas dalam rangka Sharing Metodologi Penghitungan Emisi GRK di Provinsi Jambi dapat bermanfaat bagi kita semuanya khususnya bagi pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya mempertahankan stok karbon yang ada, dan menurunkan emisi gas rumah kaca di Provinsi Jambi dan memberikan konstribusi terhadap perbaikan lingkungan melalui pengelolaan hutan yang lestari dan berkesinambungan.”

(Seksi Perubahan Iklim / Tim Humas BPPIKHL Wil. Sumatera)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT