Direktorat PKHL Laksanakan Sosialisasi Zona Integritas Anti Korupsi

 

pkhlnov1901


Jakarta, 29 Oktober 2019, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan melaksanakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Internal (SPIP) dan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Acara yang diselenggarakan di Hotel menara Peninsula ini menghadirkan Direktur Inspektorat Investigasi dan Inspektur Wilayah IV sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Direktur PKHL menyampaikan upaya-upaya yang telah dilaksanakan Direktorar PKHL untuk melaksanakan SPIP. Selain itu Direktur juga menyampaikan progres yang telah dibuat dalam menyambut penerapan SPIP dan Zona Integritas ini.

pkhlnov1902

Muhammad Yunus, Inspektur Wilayah IV mengungkapkan menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Keempat tujuan tersebut di atas tidak perlu dicapai secara khusus atau terpisah-pisah. Dengan kata lain, instansi pemerintah tidak harus merancang secara khusus pengendalian untuk mencapai satu tujuan. Suatu kebijakan atau prosedur dapat saja dikembangkan untuk dapat mencapai lebih dari satu tujuan pengendalian", ungkap Yunus.

"Menurut PP Nomor 60 Tahun 2008, SPIP terdiri dari lima unsur yaitu Lingkungan pengendalian, Penilaian risiko, Kegiatan pengendalian, Informasi dan komunikasi, Pemantauan pengendalian intern", tambah Yunus.

Selain itu, Yogi Nurwana, Inspektur Investigasi, mengungkapkan pentingnya Zona Integritas. Zona Integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian atau lembaga yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kementerian yang telah mencanangkan sebagai Zona Integritas mengusulkan salah satu unit kerjanya untuk menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi.

Zona Integritas adalah tujuan akhir bukan WBK atau WBBM, WBK atau WBBM adalah proses, suatu cara untuk menjadikan Kementerian menjadi sebuah Zona Integritas.

pkhlnov1903

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT