VERIFIKASI API DAN MPI DAOPS SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

 

VERIFIKASI API DAN MPI DAOPS SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

sumnov1921

" Pengembangan Proklim didalam suatu lokasi tidak hanya memiliki potensi saja akan tetapi kelompok masyarakat perlu mendata,  mendokumentasikan, memanfaatkan dan menata sumber daya alam secara maksimal sebagai upaya peningkatan mata pencaharian masyarakat dan mendukung penurunan GRK skala desa." Ujar Heri Mulyono Verifikator Program Kampung Iklim Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera (BPPIKHL Wil. Sum)

sumnov1922Data yg dikumpulkan meliputi lima sektor yaitu pertanian, kehutanan, peternakan, limbah dan energi, hal ini disampaikan Heri pada saat  melakukan Verifikasi data Adaptasi Perubahan Iklim (API) dan Mitigasi Perubahan Iklim  (MPI) lingkup kelompok Masyarakat Peduli Api di Daerah Operasi (Daops) Sarolangun Prov.Jambi Selasa (22/ 2019).

Rangkaian kegiatan berupa pengumpulkan data API dan MPI dalam  mengembangan proklim di Desa Rawan Karhutla yang berada di wilayah kerja Daops Manggala Agni Desa Guruh Baru Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun Provinsi. Desa tersebut merupakan lokasi pedesaan dengan potensi yang menonjol yaitu Pemanfaatan Lahan Pekarangan berupa  buah- buahan, Pertanian Terpadu (Gaharu, kolam Ikan, Sawit, ternak Kambing), dan pembibitan  tanaman jenis Bulian serta pemamfaatan sumber mata air.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Eko Sulistiyanto mengatakan " masyarakat desa sudah melakukan pemanfaatan pekarangan oleh KWT dan pembibitan bulian oleh Kelompok MPA Wesanggeni untuk mendukung kegiatan Pengembangan Proklim kesepian"

Muhammad Hakim  Kadaops Sarolangun menyampaikan bahwa pemilihan lokasi desa ini karena memiliki MPA yang selama ini sangat membantu berperan aktif dalam penanganan karhutla. "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengembangan Proklim  dilokasi tersebut masyarakat mampu mendukung ketahanan terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak karhutla" ujar kadaops.  

Dengan adanya kegiatan ini masyarakat desa sangat berharap adanya sinergitas antara pusat dan daerah  sehingga kegitan Proklim ini dapat terlaksana dan tercapai dengan baik. (Fauzan/ Prida Humas BPIKHL Wil. SUM).

sumnov1923

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT