VERIFIKASI API DAN MPI DAOPS SIBOLANGIT SUMATERA UTARA

VERIFIKASI API DAN MPI DAOPS SIBOLANGIT SUMATERA UTARA

sumokt1901

Sumatera Utara - Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera melakukan Kegiatan  Verifikasi data Adaptasi Perubahan Iklim (API) dan Mitigasi Perubahan Iklim  (MPI) lingkup Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di Daerah Operasi (Daops) Sibolangit.

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (25/10/2019), adapun rangkaian kegiatan berupa pengumpulan data API dan MPI dalam  mengembangkan Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Rawan Karhutla yang berada di wilayah kerja Daops Sibolangit Sumatera Utara. Ada tiga  lokasi desa yang menjadi sasaran kegiatan  yaitu Desa Negeri Tongging, Desa Tongging dan Desa Sibolangit, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Anggiat Sehat Sinaga, S.Hut., Kadaops Sibolangit mengatakan, "Pemilihan lokasi desa ini karena memiliki MPA yang selama ini sangat membantu berperan aktif dalam penanganan karhutla."

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengembangan Proklim di lokasi tersebut masyarakat mampu mendukung ketahanan terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak karhutla," ujar Heri Mulyono, Verifikator Proklim (25/10/2019).

                      sumokt1902

Heri juga berkata, "Data yg dikumpulkan meliputi lima sektor yaitu pertanian, kehutanan, peternakan, limbah, dan energi."

Desa Tongging merupakan daerah objek Wisata Alam Danau Toba, dalam pengelolaan sampah Desa Tongging sudah berjalan cukup baik, masyarakat sudah mulai sadar tidak lagi membuang sampah sembarangan. "Tong sampah sudah ada dua, dan sudah memilki  TPA sendiri, sedangkan kendalanya perlu penambahan petugas kebersihannya hanya satu," ujar Kades Tongging Jonson Simarmata.

Dengan adanya kegiatan ini masyarakat desa sangat mendukung dan berharap mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat dan daerah terkait perubahan iklim. (Fauzan/Afrida Humas BPIKHL Wil. Sumatera).

                       sumokt1903

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT