Kabut Asap Mengancam Konawe Timur

 

Kabut Asap Mengancam Konawe Timur

sepsulawesi1901

Pemerintah Daerah Kolaka Timur (Koltim) telah menetapkan status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. Tujuannya agar kebakaran lahan gambut di Koltim bisa menjadi perhatian semua pihak. Dampak akibat kejadian ini mengakibatkan kabut asap yang akan berdampak pada kesehatan, Jarak pandang terbatas, dan lalu lintas penerbangan akan terganggu

Sampai dengan saat ini Manggala Agni Daops Sultra bersama tim gabungan cegah karhutla masih terus berjuang untuk memadamkan kebakaran lahan gambut yang terjadi.

Perlu kita ketahui bersama bahwa salah satu penyebab utama kebakaran lahan gambut adalah akibat ulah manusia, baik yang sengaja melakukan pembakaran maupun akibat kelalaian dalam menggunakan api.

Hal ini didukung oleh kondisi-kondisi tertentu yang membuat rawan terjadinya kebakaran seperti kondisi fisik gambut yang terdegradasi, dan rendahnya kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Pengeringan gambut berdampak pada tingkat kebakaran yang tinggi. Gambut yang terbakar akan menghasilkan energi panas yang lebih besar dari kayu atau arang terbakar.

Api yang menjalar ke bawah permukaan tanah menyebabkan pembakaran yang tidak menyala sehingga hanya asap putih yang tampak di atas permukaan. Hal inilah yang menyebabkan kegiatan pemadaman kerap sulit dilakukan.

sepsulawesi1904

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT