Manggala Agni Daops Siak KLHK Bantu Evakuasi Buaya Muara Masuk Kampung

 

Manggala Agni Daops Siak KLHK

Bantu Evakuasi Buaya Muara Masuk Kampung

sepsum1971
(Buaya Muara dengan nama latin Crocodylus porosus terlihat memasuki pemukiman warga)

Siak, Manggala Agni Daops Siak KLHK turut membantu evakuasi satu ekor Buaya Muara yang keluar dari habitat alaminya dan memasuki perkampungan warga tepatnya di Kampung Merempan Hilir, Siak, Rabu pagi 4/9/2019.

Sekitar pukul 6 pagi, berawal akan menjemur pakaian, warga bernama Maysarah berteriak histeris ketika meilhat seekor buaya sepanjang 2,5 meter tengah berada di pekarangan rumahnya yang berjarak sekitar 250 meter dari sungai. Mendengar teriakan Maysarah, suaminya, Jamen lantas keluar dan memastikan apa yang terjadi.

Setelah memastikan keberadaan Buaya, Jamen kemudian melaporkan kepada pihak desa yang selanjutnya laporan diteruskan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak agar dilakukan penanganan. Proses evakuasi Buaya Muara tidak berjalan sulit. Buaya tersebut diamankan di workshop Damkar Kabupaten Siak untuk kemudian dievakuasi pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau.

Petugas dari Bidang II BBKSDA Provinsi Riau dibantu oleh personel Manggala Agni Daops Siak mengevakuasi Buaya Muara untuk kemudian diamankan di Kantor Bidang II BBKSDA Riau.

sepsum1972

(Proses evakuasi Buaya oleh petugas BPBD Siak bersama BBKSDA Riau dan Manggala Agni Daops Siak)

Petugas dari BBKSDA Provinsi Riau, Benisak Silalahi menuturkan Buaya Muara ini diduga keluar dari habitat alaminya yang berada di muara laut Sungai Siak.
“Ada beberapa kemungkinan, bisa jadi buaya mencari makan hingga keluar dari habitatnya dan tersasar sampai kesini (Merempan Hilir-red),” tutur Benisak.

Rencananya Buaya Muara tersebut akan dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya di wilayah muara Sungai Siak setelah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim BBKSDA Provinsi Riau. (Humas Daops Siak/Afrida/BPPIKHL Sumatera)

sepsum1973

(Rencananya Buaya tersebut akan dilepaskan kembali ke habitatnya)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT