Maraton Antar Kabupaten, Manggala Agni Daops Siak Kampanyekan Cegah Karhutla

 

Maraton Antar Kabupaten, Manggala Agni Daops Siak Kampanyekan Cegah Karhutla

julsum194101

(Kampanye Pencegahan Karhutla di Desa Muara Dua)

Bengkalis, Manggala Agni Daops Siak melaksanakan Kampanye Pencegahan Karhutla di tiga desa pada Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti dalam waktu dua minggu berturut-turut sejak 17 Juli lalu.

Lokasi desa kampanye merupakan desa dengan tingkat kerawanan Karhutla tinggi, yakni Desa Alah Air Timur Kec. Tebing Tinggi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Desa Muara Dua Kec. Siak Kecil dan Desa Dompas Kec. Bukit Batu di Kabupaten Bengkalis.

Menyeberang selat hingga menempuh jalan terjal dilakukan Manggala Agni Daops Siak untuk memastikan masyarakat di tingkat tapak mengetahui pentingnya pencegahan Karhutla dan tidak melakukan pembakaran lahan dalam bentuk apapun.

Seperti pelaksanaan di Desa Muara Dua, diperlukan waktu dua jam lebih untuk dapat mencapai desa tersebut. Jalan berbatu dan banyak berlubang menjadi akses satu-satunya menuju desa.

Sebanyak 30 orang masyarakat Desa Muara Dua diberikan sosialiasi pencegahan Karhutla pada Selasa (23/7/2019). Kampanye ini dilakukan langsung oleh Kepala Daops Siak, Ihsan Abdillah didampingi personel Manggala Agni.

julsum194102

(Berbagai unsur masyarakat terlihat antusias dalam mendengar materi)

Dalam pemaparannya Ihsan menjelaskan bahwa kampanye ini juga sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan sebagai Kepala Daops baru kepada masyarakat. Kepala Daops yang baru dilantik Mei lalu ini juga menerangkan tentang bahaya asap Karhutla, terutama bagi kesehatan manusia.

“Tahun 2019 merupakan tahun terpanas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dampak El-Nino akan lebih terasa ditahun ini, dan kemarau diprediksi akan lebih lama. Diharapkan kesadaran kita semua untuk tidak melakukan pembakaran” Pungkas Ihsan.

Kampanye ini disambut antusias oleh masyarakat desa dan mendapat apresiasi khusus dari Kepala Desa Muara Dua, Eko Riyono. Eko mengungkapkan dengan adanya kampanye dan sosialisasi ini, masyarakat menjadi sadar tentang penting pencegahan Karhutla di lapangan.

“Kegiatan ini menjadi langkah awal baru bagi desa untuk menyadarkan masyarakat, dan juga sebagai penyambung lisan pemerintah desa kepada Manggala Agni” tutup Eko.

Selain kampanye pencegahan Karhutla, Manggala Agni Daops Siak juga gencar melakukan kegiatan pencegahan Karhutla, diantaranya Patroli Terpadu, Patroli Mandiri, Anjangsana kepada masyarakat dan pemeritah desa rawan Karhutla.
(Humas Daops Siak/Chaerul/Sutrisno
/ Wak Fau BPPIKHL)

julsum194103

(Mahasiswa KKN juga terlibat dalam kegiatan kampanye dan diharapkan menjadi agen of change di masyarakat)

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT