Kampanye Cegah Karhutla, Upaya Dini Hadapi Musim Kemarau

 

Kampanye Cegah Karhutla, Upaya Dini Hadapi Musim Kemarau di Desa Muara Bulian

julisum1901

Musim kemarau sudah di depan mata, tak pelak hal ini menjadikan instansi pemerintah yang memiliki kepentingan dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan menjadi awas dalam menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dalam upaya pencegahan sedini mungkin.

Manggala Agni Daerah Operasi Muara Bulian, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera laksanakan tindak pencegahan karhutla melalui Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di tiga desa di wilayah Kabupaten Batanghari.

Berturut-turut kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Singkawang, Kecamatan Muara Bulian (28-29 Juni 2019); Desa Peninjauan, Kecamatan Maro Sebo Ulu (1-2 Juli 2019); dan DesaTanjung Marwo, Kecamatan Muara Tembesi (4-5 Juli 2019). Ketiga desa terplih merupakan desa yang masuk dalam daerah rawan karhutla.

Kegiatan kampanye dilakukan melalui koordinasi pada masing-masing desa satu hari sebelum pelaksanaan, langsung melalui Kepala Desa atau Sekretaris Desa terkait. Pada setiap desa, sasaran kegiatan meliputi 30 warga.

Dalam hal ini warga yang diundang difokuskan pada mereka yang memiliki peran/pengaruh terhadap masyarkat desa, seperti kepala dusun, tetua kampung, karang taruna, MPA (Masyarakat Peduli Api), MMP (Masyarakat Mitra Polhut), hingga ibu-ibu PKK. Diharapkan orang-orang yang diundang dalam kegiatan ini mampu menyebarluaskan informasi yang didapat kepada warga lainnya.

Terdapat dua pemateri dalam kegiatan ini dari Manggala Agni Daops Muara Bulian, Rinaldi SP., selaku Kepala Daops, dan Deki Andika Purbaya, S.Hut selaku ASN lingkup Daops.

Rinaldi SP., menyampaikan hal-hal terkait tindak pencegahan karhutla, pengertian kebakaran hutan dan lahan, sebab dan akibat yang akan ditimbulkan karena kebakaran hutan dan lahan bagi manusia dan lingkungan, serta sanksi hukum yang berlaku bagi mereka yang masih membakar hutan dan lahan dengan sengaja.

Deki Andika Purbaya, S.Hut memberikan materi mengenai dampak kebakaran hutan dan lahan dalam jangka panjang yang turut menyumbang dalam menaikkan emisi CO2 hingga menjadi penyebab terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim.

Secara umum kegiatan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Manggala Agni Daops Muara Bulian berjalan dengan baik, dan diharapkan pesan-pesan yang telah disampaikan dapat menjadi menimbulkan kesadaran bagi masyarakat. (Daops MBL/Deki).

julisum1902

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT