Ajak generasi milenial mengenal perubahan iklim

 

“Lewat Field Trip Hutan Mangrove, Ajak Anak Sekolah Dasar Mengenal Perubahan Iklim”

balimei1962

Kamis pagi 23 Mei 2019 pukul 08.00 WITA, Kantor Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran hutan dan Lahan Jawa Bali Nusa Tenggara kembali didatangi masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pengendalian perubahan iklim. Kali ini 45 orang pelajar sekolah dasar kelas IV Canggu School Community Bali beserta wali kelasnya datang untuk mendapat informasi tentang hutan mangrove. Dipandu petugas dari BPPIKHL JBN, peserta dibagi dalam lima kelompok yang masing-masing mendapat informasi tentang hutan mangrove sebagai pendukung pengendalian perubahan iklim dengan metode field trip (kunjungan lapangan).

Dimulai dari diskusi kecil tentang hutan mangrove dilanjutkan melihat diorama ekosistem hutan mangrove di ruang ekshibisi dan pengenalan jenis mangrove di area pembibitan. Pemandu memberikan gambaran kepada para siswa lewat alat peraga tentang pentingnya hutan mangrove yang mampu menyerap karbon lebih besar dari hutan daratan sehingga dampak perubahan iklim dapat dikurangi. Salah satu hal yang dapat dirasakan secara langsung oleh anak-anak adalah saat mereka memasuki kawasan hutan mangrove yang asri dan teduh. Terik panas matahari terlindungi dengan rapatnya tajuk pohon mangrove. Secara langsung anak-anak dapat memahami manfaat hutan mangrove sebagai salah satu pelindung bumi dari dampak negatif perubahan iklim.

Rasa keingintahuan dari anak-anak SD mengenai hutan mangrove dan perubahan iklim sangatlah tinggi. Hal ini ditunjukkan dari antusiame mereka dalam melontarkan pertanyaan yang kadang menggelitik karena kepolosan anak-anak tersebut. Kegiatan pengenalan hutan mangrove dengan metode fieldtrip ini bukan hanya menambah pengetahuan tentang mangrove, lebih lanjut kegiatan ini membentuk kesadaran baru tentang pentingnya menjaga hutan mangrove dalam pengendalian perubahan iklim, yang dimulai dari usia dini.

Denpasar, 24 Mei 2019

Kehumasan BPPIKHL Jawa Bali Nusa Tenggara / Atik Murwatiningrum Murwatiningrum

balimei1961

 

balimei1963

balimei1964

balimei1965

balimei1966

membagi informasi ini: