PATROLI TERPADU, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN di OKI

 

PATROLI TERPADU, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

summei1981 summei1982

BPPIKHL Wil. Sumatera – Kamis (16/05/2019)  Patroli Terpadu (Patdu) Manggala Agni Daops Ogan Komering Ilir (Daops OKI) terbagi menjadi 7 (tujuh)  Posko Desa Kabupaten OKI (Pulu Beruang Kecamatan Tulung Selapan, Riding dan Deling Kecamatan Pangkalan Lampam,  Pulau Geronggang Kecamatan Pedamaran Timur, Cengal Kecamatan Cengal, Sungai Menang Kecamatan Sungai Menang dan Jejawi Kecamatan Jejawi)  yang dilaksanakan mulai tanggal 2 s.d 31 Mei 2019.

Manggala Agni Daops OKI beserta instansi  lain berasal dari unsur  Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Masyarakat Peduli Api (MPA) bersama- sama bersinergi menjadi satu tim Patdu tangguh cegah karhutla.

Ada tiga konsep dasar  fungsi dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yaitu Pencegahan, Pemadaman dan Penangganan Pasca Kebakaran, Patdu adalah salah satu bagian dari konsep pencegahan yang dianggap paling ampuh  oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada saat ini.

Pelaksanaan Patdu mempunyai visi dan misi mewujudkan  kehadiran Pemerintah bersinergi sampai ditingkat tapak, dengan menggunakan kendaraan roda dua bahkan berjalan kaki apabila akses jalan  tidak bisa dilalui dengan kendaraan bermotor, tetapi tidak menjadi penghalang bagi petugas melakukan koordinasi dengan stakeholder pihak terkait Kades,Camat, Polsek, Koramil, Perusahaan perkebunan dll.     

summei1983summei1984

Patroli Terpadu merupakan pintu masuk untuk perubahan pola pikir  masyarakat, penyadartahuan bersosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutlah, selain mendatangi daerah rawan karhutlah.

Selain berpatroli sebagai tugas uatama  petugas  juga mengumpulkan,  mencatat data da  informasi potensi sumber daya alam , inventarisasi  sumber air, kondisi sosial, perencanan  lahan yang akan dibuka, dan informasi lainnya sebagai bahan evaluasi berkelanjutan. (Daops OKI / Wak Fau).

membagi informasi ini: