Daops Sarolangun Dalam Bingkai Acara Simulasi & Evakuasi Mandiri Bencana Karhutla Taman Nasional Bukit Dua Belas

 

Daops Sarolangun Dalam Bingkai Acara Simulasi & Evakuasi Mandiri Bencana Karhutla Taman Nasional Bukit Dua Belas

summei1961

Berlokasi di wilayah kantor Resort Tanaman Nasional Bukit Dua Belas, Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, Manggala Agni KLHK Daops Sarolangun, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera menjadi narasumber dan tim evaluasi dalam kegiatan Simulasi & Evakuasi Mandiri Bencana Karhutla Taman Nasional Bukit Dua Belas, Kamis (25/04/2018).

Dalam kesempatan tersebut anggota Manggala Agni menyampaikan tentang pengenalan peralatan dan penggunaan secara baik dan benar menurut SOP Damkarhutla (Manual & Semi Mekanis) kepada peserta yang terdiri dari: MPA (Masyarakat Peduli Api), KMPA (Kelompok Masyarakat Peduli Api), MMP (Mayarakat Mitra Polhut), Masyarakat Destana (Desa Tangguh Bencana), dan MSA (Masyarakat Siaga Api).

Selain penyampaian teori pengenalan dan pengguanaan peralatan Damkarhutla, masyarakat yang terdiri dari beberapa kelompok tersebut juga melakukan Simulasi & Evakuasi Mandiri Bencana Karhutla yang dikomandoi para anggota Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas. Galaag KLHK dalam hal simulasi ini berperan dalam mendampingi tim simulasi dan melihat segala rangkaian kegiatan simulasi dan kemudian mengevaluasi terkait kegiatan simulasi tersebut.

Keseluruhan kegiatan simulasi tersebut berjalan dengan baik dan lancar, seluruh anggota tim dapat berkomunikasi dengan baik dilapangan.

Dimasa yang akan datang diharapkan kegiatan ini dapat selalu dilaksanakan sebagai persiapan masyarakat dalam mengantisipasi bencana karhutla sebelum musim kemarau dating, sehingga pemerintah dapat terbantu dengan adanya sumbangsih masyarakat dalam pencegahan karhutla khususnya di Kabupaten Sarolangun. (Daops Sarolangun/Deki).

summei1962

membagi informasi ini:

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT