Daops Bukit Tempurung Gandeng Swasta dalam Pelatihan Dasar Kebakaran Hutan dan Lahan

 

Daops Bukit Tempurung Gandeng Swasta dalam Pelatihan Dasar Kebakaran Hutan dan Lahan

sumap1911

Peserta dalam pelatihan dasar Karhutla RPK PT. Produk Sawitindo Jambi

Jambi. Dalam fase siaga tiga karhutla tahun 2019, Manggala Agni KLHK Daops Bukit Tempurung menggandeng PT. Produk Sawitindo Jambi (PSJ) Makin Group untuk melaksanakan kegiatan pembentukan dan pelatihan dasar kebakaran hutan dan lahan bagi Regu Pemadam Kebakaran (RPK), Kamis (4/4/2019).

Kegiatan ini dilakukan di Pabrik PT. PSJ, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pembentukan RPK ini berjumlah dua regu dimana setiap regunya berjumlah 15 orang.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari diisi berbagai materi, baik teori maupun praktek lapangan. Kegiatan pelatihan berjalan dilakukan sesuai Standard Operating Procedur Manggala Agni.

Pihak perusahaan sangat mendukung kegiatan ini dan menegaskan komitmennya untuk ikut berperan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan pada radius 5 Km dari lahan produksinya. Pantauan di lapangan para peserta merespon dengan baik dan terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

sumap1912

Briefing peserta pelatihan sebelum praktek lapangan

Rinaldi, selaku kepala Daops Manggala Agni Bukit Tempurung berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan RPK perusahaan dan diharapkan wilayah yang rawan karhutla di sekitar kebun PT. PSJ dapat diminimalisir melalui kegiatan pencegahan seperti patroli dan bersosialisasi kepada masyarakat.

Pencegahan dan penanggulangan karhutla sangat membutuhkan sinergitas yang baik dari semua pihak. Mari bersama-sama menyatukan niat untuk mengedepankan kegiatan pencegahan demi birunya langit dan hijaunya bumi pertiwi.

(Daops Bukit Tempurung/Humas Balai PPIKHL Wilayah Sumatera/Chaerul)

sumap1913

Praktek pemadaman oleh peserta pelatihan

membagi informasi ini: