Desa Rawan Karhutla Raih Kategori Program Kampung Iklim Utama

 

Desa Rawan Karhutla Raih Kategori Program Kampung Iklim Utama

feb19sum21

Warga Desa Dataran Kempas yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) meraih penghargaan Proklim dengan Kategori Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini berupa sertifikat yang diserahkan secara langsung oleh Balai PPIKHL Wil. Sumatera melalui Kadaops Manggala Agni Bukit Tempurung, Rinaldi, S.P., Kamis, (31/01/2019).

Giat Proklim di desa yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini berawal dari upaya keras warga untuk memanfaatkan limbah biomasa hasil perkebunan berupa pelepah sawit yang menumpuk.

feb19sum22

(Kunjungan ke Kelompok Tani Karya Trans Mandiri)

Atas gagasan warga dan kerja sama dengan salah satu perusahaan, warga berhasil mengembangkan produk pupuk kompos dengan hasil mencapai 600 ton/bulan sebagai suplai salah satu perusahaan tersebut.

Selain pupuk kompos , masyarakat juga mengembangkan budidaya tanaman pertanian dan ternak yang dikolaborasikan di areal perkebunan sawit. Saat ini di Desa Dataran Kempas sudah terbentuk beberapa kelompok tani yang memproduksi kompos dan usaha pertanian lainnya. Salah satunya Kelompok Tani Karya Trans Mandiri.

Dilahan seluas 1.5 ha kelompok tani ini mengembangkan usaha pembuatan kompos, tanaman pertanian berupa jahe merah, labu madu, labu sayur, terung, mentimun, kangkung serta usaha ternak sapi, domba, kambing dan ikan nila.

Saat ini Kelompok Tani Karya Trans Mandiri (KTM) memiliki 65 orang pekerja yang berasal dari 3 desa disekitar Desa Dataran kempas. Alhasil dari kerja keras inilah masyarakat Desa Dataran Kempas mendapatkan apresiasi dari KLHK sebagai Program Kampung Iklim Utama.

“Kami pun turut bangga atas keberhasilan masyarakat Desa Dataran Kempas. Kisah ini semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa-desa rawan karhutla untuk mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa”, ujar Rinaldi S.P Kadaops Manggala Agni Bukit Tempurung. (Daops Bukit Tempurung/Deki).

membagi informasi ini: