Manggala Agni Muara Tebo Awali 2019 dengan Menerapkan Eco Daops

 

Manggala Agni Muara Tebo Awali 2019 dengan Menerapkan Eco Daops

sumjan112018

Program Eco Daops di Daerah Operasi Manggala Agni Muara Tebo merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak pertengahan 2018 lalu. Kegiatan Eco Daops digalakkan untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah pembuatan green house untuk pembibitan dan demplot tanaman, penerapan percobaan cuka kayu untuk beberapa jenis tanaman, salah satunya papaya, pembenahan kolam, dan pemanfaatan limbah kayu untuk perabot kantor daops.

sumjan122018

(Proses Pembuatan green house)

Di bulan Januari pembuatan green house sudah mencapai 80% dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan yaitu berupa bambu sebagai material utama.

Green house tersebut akan diisi dengan tanaman khas Tebo Bungo, mulai dari buah-buahan hingga tanaman hias.

Selain untuk mengkampanyekan program kampung iklim, bibit buah-buahan dari pembibitan yang berasal dari green house tersebut dapat dipergunakan saat pelaksanaan kampanye ke sekolah-sekolah dan sosialisasi ke desa-desa sebagai salah satu bentuk kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

sumjan132018

(Pemanfaatan limbah kayu untuk perabot kantor daops)

Seluruh kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari anggota Manggala Agni Daops Muara Tebo dan sangat didukung oleh Kadaops Muara Tebo, Nufit Hari Rachmat SHut. Msc. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan Eco Daops ini dapat meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan kepedulian terhadap lingkungan terkhusus mengkampanyekan Proklim kepada masyarakat di wilayah kerja Daerah Operasi Manggala Agni Daops Muara Tebo sebagai bagian dari Balai PPIKHL Wilayah Sumatera. (Daops MTB/Deki)

membagi informasi ini: