• Beranda
  • Berita
  • Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Laksanakan Evaluasi Manggala Agni pada 13 Daops di Wilayah Regional Kalimantan

Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Laksanakan Evaluasi Manggala Agni pada 13 Daops di Wilayah Regional Kalimantan

 

Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan

Laksanakan Evaluasi Manggala Agni pada 13 Daops

di Wilayah Regional Kalimantan

deskal11

Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan kembali laksanakan kegiatan evaluasi terhadap anggota Manggala Agni pada 13 Daops di Wilayah Regional Kalimantan di tahun 2018.

Kegiatan evaluasi manggala agni regional kalimantan kembali dilaksanakan secara serentak selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 6 s.d 8 Desember 2018. Terdapat 5 (lima) hal yang diuji dalam evaluasi ini yaitu tes/uji narkoba, kesehatan, fisik (kesemaptaan), tertulis dan wawancara, selain 5 hal ini sebagai bahan pertimbangan, diperhitungkan pula tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap tugas setiap anggota.

Manggala agni merupakan ujung tombak pelaksanaan dalkarhutla di wilayah regional kalimantan, mengingat pentingnya serta besarnya resiko pekerjaan manggala agni, setiap anggota dituntut untuk memiliki pengetahuan, kedisiplinan, kemauan belajar, kepedulian, serta integritas yang tinggi, dan evaluasi ini dilaksanakan untuk melihat nilai-nilai tersebut dalam setiap diri manggala agni jelas Firman Santosa, Kepala Sub. Bag Tata Usaha Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan.

Selain itu kondisi fisik serta kesehatan juga diujikan mengingat beratnya kegiatan pengendalian karhutla di lapangan, sedangkan uji narkoba dilaksanakan agar Manggala Agni bersih dari narkoba serta sebagai wujud nyata dukungan Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan terhadap program pemerintah Indonesia Bebas Narkoba, lanjut Firman.

deskal12

Lebih lanjut Firman menuturkan bahwa dalam pelaksanaan evaluasi ini, khusus untuk ujian tertulis dihimbau untuk dilaksanakan secara serentak diseluruh daops, yaitu pada tanggal 7 Desember 2018 pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA. Hal ini dilaksanakan untuk menghindari kebocoran soal.

Bertujuan menjaga validitas poin-poin yang diujikan dalam pelaksanaan Evaluasi ini Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkompeten sperti TNI (kodim/koramil setempat) dalam uji fisik/kesempataan, dalam uji kesehatan bekerja sama dengan lembaga kesehatan setempat (puskesmas/Rumah Sakit Umum/Rumah Sakit TNI), serta lembaga yang berwenang menguji narkoba (BNN. BNK, POLRI).

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut,M.Agr, menyatakan bahwa bersih narkoba merupakan syarat mutlak setiap anggota Manggala Agni, selain itu kedisiplinan, integritas dan kemauan untuk maju harus dimiliki oleh setiap manggala agni mengingat semakin kompleksnya tugas-tugas anggota manggala agni.

Peaksanaan Evaluasi ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk menjaga kinerja dan profesionaliasme setiap manggala agni.

(Balai Pengendalian perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan, 2018)

deskal13

membagi informasi ini: